ads


Lima bulan sudah anak-anak tidak memasuki sekolah akibat pandemi Covid-19. Sejak 16 Maret lalu, pemerintah mengeluarkan peraturan bahwa semua sekolah baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi agar belajar dari rumah saja. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk membatasi adanya kontak langsung karena virus korona yang tengah menjadi pandemi dunia.


Pemerintah menegaskan bahwa siswa tidak diliburkan, tetapi mengubah proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah, saat ini dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan diberlakukannya aturan pemerintah tersebut, otomatis orang tua memiliki peran penting untuk memantau kegiatan anak, terutama selama jam belajar mengajar berlangsung.


Namun, berbagai macam kendala dihadapi orang tua saat menemani anak-anak belajar dari rumah. Mulai dari banyaknya distraksi yang mengalihkan fokus anak seperti tergoda bermain media sosial ketika sedang mengerjakan tugas yang dikirimkan gurunya melalui online, bosan saat belajar karena hanya sendirian dan tidak ada guru, bahkan ada yang susah untuk mengatur jadwal belajar lantaran tidak ada aturan belajar seperti di sekolah.


Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendisplinkan anak belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.


Jelaskan Secara Detail Situasi yang Tengah Dihadapi


Hal ini perlu orang tua lakukan, apalagi jika anak belum begitu paham dengan wabah yang sedang dihadapi. Jangan sampai anak-anak beranggapan karena sekolah diliburkan, berarti sama seperti liburan semester sehingga tidak harus mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jelaskan bahwa hal tersebut merupakan upaya pencegahan penularan virus. Berikan pemahaman bahwa ia tetap harus belajar, meskipun dilakukan di rumah.


Melakukan Diskusi dengan Guru Secara Online


Saat mengajarkan anak belajar di rumah, ibu dituntut untuk selalu aktif berdiskusi dengan guru. Apalagi jika orang tua menemukan materi pembelajaran yang kurang ibu pahami. Tanyakan pula mengenai materi, metode pelajaran, serta tugas yang harus dikerjakan.


Membuat Jadwal Teratur


Meskipun belajar di rumah, bukan berarti anak bisa bermalas-malasan sepanjang hari. Jelaskan jika proses belajar mengajar harus tetap dilakukan, hanya tempatnya saja yang berubah. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, sebaiknya orang tua membuat jadwal belajar dengan jam yang pasti. Jamnya sendiri bisa orang tua sesuaikan, agar anak dapat dengan nyaman melakukan proses belajar.


Belajar Bersama


Mengajari anak belajar selanjutnya dapat dilakukan dengan belajar bersama. Dengan orang tua ikut andil dalam belajar, anak justru akan lebih sportif dan terpacu untuk menunjukkan ilmu-ilmu yang telah ia kuasai. Dengan begitu, anak akan merasa lebih antusias saat waktu belajar tiba.


Berperan sebagai Guru


Orang tua dapat mengajari anak belajar, jika mereka tidak memahami materi yang dipelajari. Jelaskan dengan sabar menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Jika orang tua tidak menguasai materi pembelajaran, jangan sungkan untuk berdiskusi pada guru mereka secara online.


Ciptakan Suasana yang Nyaman


Jika dilakukan dengan cara yang benar, belajar di rumah akan membuat anak memiliki kebebasan untuk bereksplorasi, serta mengetahui ilmu-ilmu baru dengan lebih cepat. Hal tersebut mungkin saja terjadi jika orang tua menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar. Dalam hal ini, orang tua dapat memanfaatkan halaman rumah untuk mendapatkan udara segar sebagai ruang belajar.


Selingi dengan Permainan


Jika anak terlihat bosan, orangtua dapat menyelingi kegiatan belajar mengajar dengan permainan yang menyenangkan. Orang tua juga dapat menyelingi permainan tanya jawab soal, dan memberikan hadiah ketika anak dapat menjawab pertanyaan.


Orang tua dapat menggantikan peran sebagai guru di rumah dengan melakukan langkah-langkah tersebut. Jangan memarahi atau membentak anak yang tidak mau belajar, karena ia akan semakin tidak nyaman dengan orang tua dan akan menolak kegiatan belajar mengajar di rumah. Sebaiknya siasati dengan hal-hal yang anak suka, agar ia bersemangat saat waktu belajar tiba.


Nah. Begitulah tips yang bisa dilakukan agar membuat anak disiplin saat belajar dari rumah. Ingatlah bahwa orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya, jadi inilah saatnya menunjukkan peran tersebut agar mereka bisa merasakan keberadaan orang tua.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini