ads


ACEHTREND.COM, TUNIS – Satu lagi mahasiswa asal Aceh berhasil meraih gelar doktor dengan predikat tertinggi ‘summa c**laude’ di Jurusan Akidah dan Perbandingan Agama, Fakultas Ushuluddin, Universitas Az-Zaitunah, Tunisia.


Namanya Zulfikar Ismail, putra dari pasangan suami istri Ismail Kasem dan Munjiah Alamsyah yang berasal dari Alue Ie Puteh, Kabupaten Aceh Utara.


Pada Senin (10/8/2020) pukul 16.00 waktu Tunisia, Zulfikar berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Pergerakan Kristenisasi di Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Masyarakat; Studi Kasus Pasca Kemerdekaan”.


Sidang tersebut berlangsung di Auditorium Ibn Khaldun, Fakultas Ushuluddin, Universitas Zaitunah, Tunisia.


Gelar doktor resmi disematkan kepada Zulfikar Ismail, setelah mempertahankan disertasinya selama lebih kurang tiga jam.


Sidang disertasi ini dipimpin oleh ketua sidang yaitu Prof. Dr. Mohamed Rezgui, didampingi oleh pembimbing Disertasi Prof. Dr. Abdel Kadir Naffati, dan diuji oleh Prof. Dr. Ilyess Gouissem, Prof. Dr. Choukri Elbeji, Prof. Dr. Ali Shouli.


Proses persidangan berjalan lancar. Zulfikar berhasil menjawab dengan sangat baik semua pertanyaan rumit yang diajukan oleh para penguji.


Disertasi Zulfikar Ismail yang berjudul asli “Harakat al-Tansir Fi Andunisia wa atsaruha Fi al-Mujtama’; Fatrah Ma Ba’da al-Istiqlal Anmudzajan” mendapat pujian yang luar biasa dari penguji sidang, Prof. Dr. Ilyess Gouissem, Prof. Dr. Choukri Elbeji, dan Prof. Dr. Ali Shouli.


“Az-Zaitunah patut berbangga dengan salah satu mahasiswa terbaiknya yang berasal dari Indonesia yang mengungkap pergerakan dan pengaruh kristenisasi di Indonesia pasca kemerdekaan,” kata Prof. Dr. Mohamed Rezgui.


Perjuangan dan pengorbanan Zulfikar selama empat tahun di Mesir dan sembilan tahun di Tunisia mengantarkannya menjadi salah satu mahasiswa Aceh yang berhasil meraih gelar doktor dengan predikat ‘summa c**alaude’ di bidang Akidah dan Perbandingan Agama di Universitas Az-Zaitunah, Tunisia sebagai universitas tertua di dunia yang didirikan tahun 737 M/120 H).


Gelar doktor yang diraih Zulfikar Ismail menambah daftar mahasiswa Indonesia yang berhasil mengkhatamkan ilmu di Universitas Az-Zaitunah hingga ke jenjang tertinggi.


“Alhamdulillah, Saya sangat bersyukur atas capaian ini, ini merupakan hadiah terbaik untuk kedua orang tua saya yang telah mendukung penuh cita-cita mulia ini dan menjadi kado bagi istri saya yang telah bersabar dalam segala keadaan,” ujar Zulfikar.


Zulfikar Ismail juga sangat bersyukur kepada Allah Swt atas hasil yang diperolehnya hari ini dan tak lupa berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukungnya, terkhusus kepada lembaga LPSDM Aceh yang telah memberikan beasiswa penuh selama masa studi.[]


Dilaporkan oleh Muhammad Yasir Adnanlangsung dari Tunisia.


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini