ads


ACEHTREND.COM, Langsa – Pada 17 Agustus 2020 nanti pertama kalinya bagi Indonesia merayakan hari ulang tahunnya di tengah suasana pandemi. Kegiatan yang biasanya dirayakan dengan suasana meriah ini pun terpaksa harus diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan protokol kesehatan. Hal yang sama juga akan diterapkan di Pemerintah Kota Langsa yang setiap tahunnya melakukan upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih di area Pendopo Wali Kota Langsa.


Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Langsa, M Husin, mengatakan untuk tahun ini upacara detik-detik proklamasi akan dilakukan sesuai arahan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-492/M. Sesneg/ TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 tentang pedoman peringatan HUT RI Ke-75 tahun 2020 yang telah diterima pihaknya.


Ia menjelaskan, dalam rapat final yang dipimpin Sekda Kota Langsa, Said Mahdum Madjim, Senin (10/8/2020), memutuskan peserta upacara dibatasi hanya 100 orang saja dan wajib menjaga jarak, menggunakan masker, dan cuci tangan pakai sabun.


“Dan paskibraka tahun ini ditiadakan yang ada hanya penggerek bendera sebanyak tiga orang. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai selesai,” ujarnya kepada aceHTrend saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020).


Untuk mematuhi protokol kesehatan, maka para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), OKP, LSM, ormas, dan pelajar tidak diundang. Namun, untuk kepala OPD wajib mengikuti upacara pada detik-detik proklamasi dan uacara penurunan bendera Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka secara virtual di kantor masing-masing.


“Kepada masyarakat Kota Langsa kami minta pada saat detik-detik proklamasi selama tiga menit dari pukul 10.17–10.20 WIB menghentikan aktivitas sejenak, dan tanggal 14 Agustus 2020 agar masyarakat mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI melalui berbagai kanal media massa baik televisi, radio, maupun media online,” tutup M Husin.


Untuk peserta upacara kata dia terdiri atas unsur forkopimda, Kodim 0104/Atim, Polres Langsa, Batalyon Infanteri Raider Khussus 111/Karma Bakti, Brimob Aceh, polwan, dan panitia.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini