ads


ACEHTREND.COM, Lhoksukon — Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib atau yang akrab disapa Cek Mad meresmikan ruang ruang isolasi mandiri orang tanpa gejala (OTG) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Kabupaten Aceh Utara di Landing, Lhoksukon, Kamis (27/8/2020).


Cek Mad mengatakan, fasilitas di rumah sakit itu belum mencukupi dan akan terus dilengkapi sejalan dengan persiapan regulasi untuk bisa beroperasi penuh nantinya.


“Kita doakan bersama agar RSUD Pratama ini dapat segera beroperasi sehingga masyarakat wilayah timur Aceh Utara seperti dari Kecamatan Langkahan, tidak perlu lagi ke Lhokseumawe untuk berobat,” kata Cek Mad.


Cek Mad manambahkan, pemanfaatan ruang rawat inap RSUD Pratama untuk tempat isolasi mandiri Covid-19 ini sejalan dengan Instruksi Gubernur Aceh melalui surat Nomor 440/10813 tanggal 30 Juli 2020 agar pemerintah kabupaten/kota di seluruh Aceh menyiapkan tambahan ruang perawatan dan karantina pasien positif Covid-19 bersifat OTG di setiap rumah sakit.


“Ada 72 bed (tempat tidur) untuk ruang isolasi mandiri yang terpapar wabah Covid-19 yang disediakan,” kata Cek Mad.


Dalam kesempatan itu, Cek Mad kembali mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Apalagi Gubernur Aceh akan mengeluarkan aturan terbaru tentang penerapan protokol kesehatan, di antaranya dengan menerapkan sanksi atau hukuman kepada para pelanggar.


“Mari kita tetap patuh pada protokol kesehatan, ruang isolasi yang telah disiapkan ini mudah-mudahan tidak pernah terpakai jika kita semua tetap taat dan patuh pada anjuran pemerintah,” kata Cek Mad.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin SKM mengatakan, tempat isolasi pasien Covid-19 RSUD Pratama digunakan sebagai tempat isolasi para ASN dan pegawai Pemerintah Kabupaten Aceh Utara hingga di tingkat muspida dengan status OTG positif Covid-19.


“Untuk masyarakat sipil yang akan diisolasi mandiri di eks shelter rohingya yang ada di Gampong Blang Ado. Sedangkan RSUD Pratama yang di Lhoksukon untuk isolasi ASN dan muspida,” katanya.


Lanjutnya, penambahan ruang isolasi mandiri OTG Covid-19 di RSUD Pratama sebanyak 72 bed, jumlah ini sudah melampaui dari target sebelumnya.


“Walaupun sudah kita persiapkan ruangannya, tapi kita harapkan jangan pernah ada yang ditempati oleh yang terpapar Covid-19,” harapnya.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini