ads


ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Proposal yang diajukan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Bina Bangsa Getsempena, Renika Wahyuni, lolos Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKMK) tingkat nasional.


Kabar tersebut diketahui berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemendikbud pada 5 Agustus 2020. Menyatakan proposal berjudul PASUKAN (Tempat Tisu Kartun) Pemanfaatan Kaleng Bekas Berbasis Commerce lolos PKMK.


Mahasiswa semester VI itu menyatakan jika dirinya sangat senang bisa lolos proposal pendanaan Belmawa. Ide ini ia dapat saat melihat kondisi barang bekas tidak ada yang mengelola sehingga mendapatkan ide untuk menciptakan barang bekas siap pakai, tahan lama, dan bermanfaat.


“Saya sangat antusias mengikuti PKM 5 bidang ini, saya ingin membuat bangga keluarga serta mengharumkan nama kampus. Ide ini saya dapat saat saya melihat kondisi dari berbagai sumber bahwa barang bekas khususnya kaleng bekas tidak ada yang mengolahnya di Aceh, sehingga saya mendapatkan ide untuk menciptakan barang bekas siap pakai, bermanfaat, tahan lama dan dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat. Prestasi ini juga didukung oleh teman-teman, keluarga dan terutama terima kasih banyak buat Bapak Aprian Subhananto M.Pd yang telah membimbing dengan sangat luar biasa sehingga dapat lulus pendanaan PKM 5 bidang 2020,” ujarnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Aprian Subhananto, M.Pd. sang dosen pembimbing. Aprian menambahkan, kegiatan ini nanti dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat. Proposal tersebut dikirim ke Belmawa pada 30 Oktober 2019.


“Alhamdulillah, berkat usaha mahasiswa STKIP BBG dan juga dukungan, bimbingan dan doa dari para dosen BBG, terutama dosen PGSD bisa lulus pendanaan PKM 5 bidang,” ujarnya.


STKIP BBG merupakan satu-satunya PTS Aceh yang lolos dalam program tersebut.


Ketua Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Zaki Al Fuad, mengapresiasi lolosnya proposal tersebut. Ini merupakan bagian dari kontribusi nyata dan sumbangsih pikiran dari mahasiswa terhadap masyarakat. Apalagi dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Banyak orang yang mengalami krisis ekonomi.


Ia berharap hal ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas, terutama dalam meningkatkan ekonomi di bidang UMKM.


“Selamat kepada tim yang telah lolos proposal PKMK tingkat nasional. Lebih membanggakan lagi adalah BBG menjadi satu-satunya PTS Aceh yang lolos tingkat nasional untuk event Program Kreativitas Mahasiswa ini,” ujarnya.


Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang lolos proposal PKMK. Sebelumnya mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris menjadi duta ekowisata tingkat nasional, lagi-lagi mahasiswa PGSD lolos proposal tingkat nasional.


Prestasi beruntun yang diraih oleh putra-putri terbaik kampus tercinta menunjukkan bahwa banyak talenta-talenta muda dari kampus BBG. Ini tentu saja sangat membanggakan bagi kampus dan prestasi-prestasi yang telah diukir dapat mengharumkan Aceh dan berdampak baik bagi masyarakat.


“Selamat untuk mahasiswa yang lolos. Terima kasih kepada pembimbing yang telah berusaha dengan baik. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi yang lain,” ujarnya.


Proposal ini nantinya akan dikerjakan secara berkelompok dengan jumlah anggota tim sebanyak empat orang, termasuk Renika yang bertanggung jawab sebagai ketua tim dan ketua pengusul.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini