ads


ACEHTREND.COM, Singkil–Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan putra Aceh Singkil, Bakir Pasaman, sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Tbk menggantikan Aas Asikin Idat yang habis masa jabatannya.


Bakir Pasaman sebelumnya adalah Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan anak usaha Pupuk Indonesia.


Pengangkatan Bakir sebagai orang nomor satu di Pupuk Indonesia yang tertuang dalam SK – 263/MBU/08/2020 tanggal 4 Agustus 2020 itu, mendapat sambutan luar biasa dari pihak keluarga, teman-teman sejawatnya, dan tokoh masyarakat Aceh Singkil.


Sarida Hanum, salah seorang sepupu Bakir Pasaman kepada aceHTrend, Rabu (5/8/2020) mengatakan, diangkatnya Bakir Pasaman sebagai Dirut Pupuk Indonesia Tbk, pihak keluarga sangat mensyukurinya.


Semoga ini, kata Sarida Hanum, membawa kebaikan dan keberkahan pada keluarga dan pembangunan Aceh Singkil ke depan.


“Alhamdulillah ditetapkan Saudara Bakir Pasaman menjadi Dirut PT Pupuk Indonesia Persero, Insya Allah, bisa membawa kebaikan dan keberkahan untuk Aceh Singkil ke depan,” ucap Sarida Hanum.


Menurut Sarida Hanum, Bakir Pasaman kakeknya orang Singkil. Ia anak Ir Kontan Pasaman yang pernah menjadi Dirut Pusri Palembang dan Dirut Pupuk Kaltim hingga pensiun.


Kakek Bakir Pasaman adalah Abdurrahim Pasaman anak Datuk Singkil, Abdul Rauf, pewaris Rumah Gadang yang sarat dengan sejarah perjalanan Singkil sejak masa Belanda.


“Keluarga besar Bakir Pasaman dibawa koordinasi ayahnya Ir Kontan Pasaman, termasuk keluarga yang sangat peduli dengan pembangunan Aceh Singkil. Malah situs sejarah Rumah Gadang akan dijadikan pusat budaya Aceh Singkil dan akan didirikan perpustakaan,” ucap Sarida Hanum.


Kiprah Bakir Pasaman yang juga teman dekat Sandiaga Uno ini untuk Aceh Singkil, kata Sarida Hanum sangat besar, antara lain pernah memfasilitasi Pemkab Aceh Singkil bertemu Sekjen Lingkungan Hidup beberapa bulan lalu. Tindak lanjut pertemuan itu, telah berhasil mencabut wilayah konservasi di Pulau Haloban. Ini sudah di setujui.


Sementara itu, tokoh masyarakat Aceh Singkil Sukhyar Fahmi merasa senang dan gembira atas dipilihnya Bakir Pasaman sebagai Dirut Pupuk Indonesia Tbk.


Sebagai orang Singkil, kata Sukhyar, ia sangat bangga, seorang Bakir Pasaman yang orang tuanya mengalir darah Datuk dari Singkil menjadi Dirut sebuah holding company yang sangat vital terhadap bangsa dan rakyat Indonesia.


Ternyata Bakir Pasaman bisa melanjutkan estafet orang tuanya Ir Kotan Pasaman sebagai dirut Pupuk Kaltim dan Bakir Pasaman, sekarang dipercaya sebagai Dirut PT Pupuk Indonesia.


“Selamat untuk putra Singkil dan semoga bisa menjadi motivator bagi anak-anak muda Singkil lainnya. Doa kita buat Bakir Pasaman semoga lebih sukses dan tetap amanah,” ucap Sukhyar.


Ketua Komunitas Warga Aceh Singkil Lintas Sektor dan Generasi (Kowas LSG) Dr H Syahyuril mengatakan, terpilihnya Bakir Pasaman, dapat membawa perubahan bagi BUMN lebih maju. Selain itu, bisa berefek pada kemajuan Aceh Singkil.


PT Pupuk Indonesia Tbk adalah holding company yang membawahi PT Pupuk Kaltim, PT PUSRI, Petro Kimia Gresik, dan beberapa lainnya.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini