ads


ACEHTREND.COM, Langsa — Kondisi bangunan atau fasilitas di kompleks pemakaman Raja Langsa yakni Raja Datok Malelo di Gampong Baro Langsa Lama, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa sangat memprihatinkan dan butuh perhatian dari pemerintah setempat.


Ketua LSM Barisan Muda Kota Langsa, Tarmizi, mengatakan, banyak fasilitas bangunan yang berada pada makam itu kondisinya sangat miris dan rusak parah. Misalnya, asbes pada salah satu bangunannya sudah banyak yang rusak dan berlubang.


Kemudian, fasilitas MCK-nya juga terlihat jorok karena tidak dirawat dan pintu pagar juga tidak ada. Hal ini membuat banyak hewan ternak bebas keluar masuk ke pemakaman itu sehingga areal pemakaman itu terlihat kotor dan kumuh.


“Sangat disayangkan fasilitas di makam Raja Langsa tidak dirawat. Diminta kepada Pemerintah Kota Langsa melalui dinas terkait untuk segera memperbaiki serta merawat kompleks pemakaman Raja Langsa tersebut,” katanya, Selasa (11/8/2020).


Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Dra. Suhartini, saat dikonfirmasi aceHTrend membenarkan bahwa kondisi fasilitas bangunan yang ada di makam Raja Langsa sangat memprihatinkan.


“Saya dan beberapa staf beberapa hari yang lalu telah turun langsung ke lapangan, untuk menginventarisasi semua cagar budaya yang ada di Kota Langsa, salah satunya makam Raja Langsa tersebut,” ujarnya.


Suhartini menjelaskan, setelah ada inventarisir mengenai caga budaya yang kondisinya memprihatikan, pihaknya akan mengajukan pengusulan perbaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar bisa diperbaiki pada 2021 mendatang.


“Saya berharap dukungan dari Pemerintah Kota Langsa dan masyarakat, agar usulan perbaikan cagar budaya yang ada di Kota Langsa bisa dikabulkan,” katanya.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini