ads


ACEHTREND.COM, Jantho – Kasriyati (22) dan empat teman seperjuangannya pada program magang Disnakermobduk Aceh di Restoran Waroeng Bang Is Saree, Aceh Besar, tampak bersemangat melayani para pengunjung di restoran tersebut, Rabu (5/8/2020).


Kasriyati dan empat temannya mengaku gembira mendapat kesempatan pelatihan dan magang di bidang kuliner selama lima bulan. Berkat program magang ini mereka mendapatkan pekerjaan sesuai hobi.


“Ini adalah bulan kelima kami magang di Waroeng Bang Is. Lima teman kami yang lain magang di Waroeng Soto Bang Is Seutui,” kata Kasriyati kepada aceHTrend di sela-sela dia melayani tamu.


Selama pelatihan dan magang, lanjut Kasriyati, mereka mendapatkan berbagai fasilitas dan uang saku dari Forum Koordinasi Jejaring Pemagangan dan Disnaker Aceh.


“Banyak pengalaman dan keterampilan di bidang kuliner yang kami peroleh selama magang di sini. Awalnya kami sama sekali tidak punya dasar, yang ada hanya kemauan untuk berubah,” lanjut gadis asal Alue Ie Puteh, Aceh Utara ini.


“Kami juga sering diberikan bonus tambahan dari owner kalau lagi banyak tamu. Penginapan dan makan juga disediakan. Kami sangat senang bekerja di sini,” ungkap Kasri dibenarkan Mardiana yang berperan sebagai koki.


Manager Operasional Waroeng Bang Is, Muhar, menyebutkan, peserta magang mempunyai tekad yang kuat dalam belajar dan bekerja.


“Kemungkinan mereka akan kami kontrak kerja di sini sehabis program magang dari Disnaker. Mereka juga sudah menyatakan ingin melanjutkan kerja di tempat kami,” kata Muhar.


Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja Disnakermobduk Aceh, Aswar Ramli Paya, di sela-sela monitoring di Waroeng Bang Is, mengatakan, program magang mendekatkan peserta dengan dunia kerja.


“Melalui program magang ini kami harapkan peserta akan mendapatkan kontrak kerja, mencari kerja di tempat lain atau membuka usaha sendiri,” kata Aswar didampingi Dr Nasir Ibrahim, anggota FKJP Aceh dari unsur akademisi.


FKJP adalah mitra pemerintah dalam mengatasi pengangguran di Aceh. FKJP Aceh terdiri atas unsur pengusaha, pemerintah, akademisi, dan diketuai oleh pengusaha muda Aceh, H Jamaluddin Jamil ST MM.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini