ads


ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Hingga Selasa malam pukul 19.45 WIB, jaringan Telkomsel di Aceh yang tumbang sejak siang akibat terbakarnya Plaza Telkom di Pekanbaru masih belum nomal. Kondisi ini membuat warganet khususnya yang bekerja mengandalkan kelancaran jaringan internet menjadi kalang kabut.


Sementara itu kicauan #telkomsel menduduki urutan pertama trending topik di linimasa Twitter malam ini, Selasa (11/8/2020). Berbagai lelucon pun dikicaukan warganet untuk menggambarkan kondisi frustasi mereka karena jaringan yang tak kunjung pulih.


Akun atas nama @bagusnajab misalnya, mengunggah sesosok manusia yang terkapar di tengah hujan dengan keterangan “user #telkomsel right now”. Sementara akun @Zellynur mengunggah foto logo Telkomsel yang disandingkan dengan foto manusia pada Zaman Batu dan tampak sedang menggosok-gosokkan batu untuk menghasilkan api. Ia menuliskan keterangan “user milenial by lyke”.


Kondisi terbakarnya Plaza Telkom di Pekanbaru yang berdampak pada tumbangnya jaringan internet di Sumatra juga menimbulkan kebingungan bagi warganet. Ada akun yang mempertanyakan, mengapa kebakaran Plaza Telkom Pekanbaru turut berefek pada ambruknya seluruh jaringan internet milik Telkomsel di seluruh Sumatra?


Baca: Jaringan Telkomsel Mati Total, Konsumen Mengeluh


“… bukankah tiap provinsi punya servernya masing-masing, ada yang bisa jelasin?” tanya salah satu warganet melalui akun Twitter @rindwanaffandi__2h.


Pertanyaan itu ditanggapi beragam oleh warganet. Ada yang menanggapi serius dengan mengatakan “BTS induk Telkomsel Bagian SUMBAGUT yang mencakup wilayah (Sumbar, Riau, Sumut, Aceh) ada di Pekanbaru,” kata akun @maeliani25.


Namun, tak sedikit juga yang menanggapinya sebagai guyonan seperti yang disampaikan @andiwfem: gak ada internet yaudah, bercengkrama seperti orang” jaman dulu kayaknya seru.


Baca juga: Pemerintah Kucurkan Rp28,82 Triliun untuk Gaji-13 PNS


Akibat terbakarnya Plaza Telkom di Pekanbaru tersebut, bukan hanya jaringan internet yang bermasalah, tetapi juga tak bisa mengirimkan SMS dan panggilan. Pihak Telkom, sebagaimana diberitakan Kompas.com, mengatakan dalam insiden itu fasilitas Sentra Telepon Otomat Telkom ikut terdampak sehingga berpengaruh pada layanan telekomunikasi. Musibah tersebut terjadi pada pukul 14.30 WIB.


“Kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera,” jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communication Telkomsel kepada Kompas.com.[]

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini