ads


ACEHTREND.COM, Jantho – Memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia, belasan anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh menggelar Aksi Sapta Pesona di objek wisata Lhok Mata Ie, Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu (16/8/2020).


Ketua Panitia Aksi Sapta Pesona, Muhammad Nasar, kepada aceHTrend mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan harapan bisa menumbuhkan rasa cinta lingkungan, terjalinnya silaturrahmi antaranggota GenPI Aceh, dan juga pegiat wisata, serta sebagai media promosi untuk tetap menjaga tempat-tempat wisata agar selalu indah bagi pengunjung.


Nasar menjelaskan, momentum hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia digunakan untuk mengajak pegiat wisata yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 18 orang yang diantaranya berasal dari pegiat wisata, Duta Wisata Banda Aceh, Duta Wisata Aceh Besar, serta anggota GenPI Aceh.


“Kegiatan membersihkan dan mengumpulkan sampah plastik itu berlangsung di lokasi jalan menuju objek wisata Lhok Mata Ie dan di seputaran pantai Lhok Mata Ie. Alhamdulillah, kita berhasil mengumpulkan sampah 10 kantong besar,” sebut Nasar.


Perlunya sadar wisata bersih dilakukan untuk tetap membuat wisatawan merasa nyaman dan ingin datang kembali untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Aceh.


Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai edukasi dalam menjaga objek wisata bagi anggota GenPI Aceh sendiri, agar mereka menjadi garda depan dalam mengampanyekan aksi sadar wisata bersih di objek wisata lainnya di Aceh.


Nasar juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi peserta serta dukungan Disbudpar Aceh, unsur Muspika Kecamatan Peukan Bada (koramil, polsek, camat) dan perangkat gampong setempat, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.


Terkait hal tersebut, Ketua Umum GenPI Aceh, Reyhan Gufriansyah mengatakan perlunya perhatian masyarakat, termasuk wisatawan, pemerintah setempat, dan pelaku usaha terhadap sadar wisata membuat hal ini sangat penting.


“Contohnya masih banyak pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan lokasi pariwisata dengan meninggalkan jejak seperti sampah plastik,” kata Reyhan.


Reyhan menyebutkan, sadar wisata merupakan hal yang saat ini gencar dikampanyekan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap berperan sebagai tuan rumah yang baik dan memahami, mampu serta bersedia untuk mewujudkan unsur-unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan, atau yang dikenal dengan Sapta Pesona.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini