ads


ACEHTREND.COM, Lhokseumawe — Fenomena alam berupa gumpalan awan berbentuk mirip gelombang tsunami di kawasan Aceh Barat, Nagan Raya, dan sekitarnya sempat membuat heboh dan panik masyarakat. Fenomena alam tersebut viral di media sosial.


Menurut penjelasan prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara, Wiwit Nitasari, fenomena gumpalan awan yang terjadi di Aceh Barat merupakan gabungan antara awan c**ulonimbus yang merata dan roll cloud atau awan jenis lainnya sehingga tampak seperti gelombang.


Dia menjelaskan awan yang berbentuk seperti gelombang yang menggulung seperti tsunami itu disebut awan roll cloud.



Fenomena alam yang terjadi di Meulaboh pic.twitter.com/XWHJO80eJy


— acehtrendcom (@acehtrendcom) August 10, 2020


“Jadi berpotensi terjadi udara dingin, angin kencang dari c**ulonimbus, petir, puting beliung dan kadang hujan es,” katanya saat dihubungi aceHTrend, Senin (10/8/2020).


Dia menjelaskan roll cloud biasanya terjadi ketika cuaca sebelumnya sudah tidak stabil. Karena terjadi di dekat permukaan, ada perbedaan suhu dan kelembapan yang signifikan.


Ia juga mengatakan, fonemana alam itu tidak ada berhubungan dengan meletusnyan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Biasanya awan roll cloud terjadi di wilayah dekat pesisir dan dari sana juga tidak jauh dari pegunungan.


“Kita mengimbau terkait fonemana itu tidak perlu terlalu panik, tapi harus selalu waspada dan sebaiknya menjauhi awan tersebut karena dampaknya angin kencang, hujan deras, petir hingga puting beliung,” imbaunya.[]

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini