ads


Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara kembali terjadi pada Senin (10/8). Dari pantauan BMKG Kuala Namu, abu vulkanik menyemburkan kolom abu 20 meter diatas puncak gunung.


Menurut Kasie Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Zakaria mengatakan, debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara juga terlihat/ terdeteksi bergerak barat dan barat laut.


“Bila dilihat dari pergerakan atau dengan memperhatikan pergerakan debu vulkanik ini maka BMKG Aceh memperkirakan debu vulkanik berkemungkinan besar akan masuk kewilayahan kita (Propinsi Aceh),” kata Zakaria dalam keterangannya.


Wilayah- wilayah yang kemungkinan akan berdampak sebaran debu vulkanik antara lain, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya.


“Mayarakat yang kemungkinan terpapar cemaran debu vulkanik tersebut supaya jangan banyak keluar rumah dan selalu memakai masker bila beraktivitas diluar ruangan,” ujar Zakaria. [Randi]


View this post on Instagram


Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fenomena awan hitam yang berbentuk gelombang tsunami sempat membuat warga di kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya khawatir. Kemunculan awan itu diketahui sejak pagi tadi. Awan raksasa itu juga sempat diabadikan oleh sejumlah warga dan mempostingnya di media sosial. Terakit fenomena itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria menjelaskan, awan yang berbentuk seperti ombang yang menggulung itu adalah awan Arcus. Zakaria bilang awan itu memang berbentuk gulungan ombak dan bagian dari awan c**ulonibus. “Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan c**ulonimbus,” kata Zakaria saat dikonfirmasi, Senin (10/8). Zakaria menjelaskan, awan raksasa itu merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level. Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #fenomena #awanhitam #awanstunami #bmkg #cuaca #petir #hujanes #anginkencang #awancumulonibus


A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on



Posting Debu Vulkanik Sinabung Berpotensi Masuk ke Aceh ditampilkan lebih awal di Kanal Aceh.

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini