ads


ACEHTREND.COM, Singkil — Ritual Iduladha yang setiap tahun dirayakan umat Islam di seluruh dunia, tidak hanya menggelar salat Iduladha secara berjamaah, tetapi juga dilaksanakan penyembelihan hewan kurban yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada warga terutama fakir miskin dan yang mustahaq lainnya. Hal yang sama juga berlaku di Desa Pulo Sarok, Aceh Singkil.


Menurut keterangan Kepala Desa Pulo Sarok, Sabri Parti, kepada aceHTrend, Senin (3/8/2020), pada Iduladha 1441 H tahun ini, di Desa Pulo Sarok, Aceh Singkil jumlah hewan kurban yang disembelih pada hari raya kedua, Sabtu (1/8/2020) melalui panitia kurban di masjid-masjid mencapai 41 ekor terdiri atas kerbau, sapi, dan kambing.


Karena jumlah daging kurban sangat banyak alias melimpah ruah, pihak panitia dan desa, kata Sabri Parti, selain membagikan daging kurban tersebut pada warga Desa Pulo Sarok juga menyalurkan ke desa-desa tetangga, pesantren, dan lembaga pemasyarakatan Aceh Singkil.


“Ada 41 ekor hewan kurban yang disembeli di Desa Pulo Sarok. Jumlah ini lumayan banyak bila dibanding tahun lalu. Karena daging terlalu banyak, kami berinisiatif menyalurkan ke desa-desa tetangga dan lembaga pemasyarakatan. Sambutan warga, sangat baik,” ucap Sabri Parti.


Sabri Parti merincikan hewan kurban yang disembelih di desanya tahun ini tersebar di Masjid Nurul Makmur 10 ekor, Masjid Baitusshalihin 13 ekor, Masjid Al-Muhajirin 6 ekor, Masjid Taqwa Muhammadiyah 10 ekor , dan Masjid Al-Hidayah 2 ekor.


Daging-daging kurban itu setelah dicincang sebut Sabri dibagikan pada warga Desa Pulo Sarok sebanyak 1.706 kepala keluarga (KK) yang berdomisili di desanya. Masing-masing KK mendapat 1,4 kg daging plus tulang.


Sisanya tambah Sabri dibagikan ke Desa Gosong Telaga Utara, Desa Gosong Telaga Selatan, warga di penjara Singkil, warga Desa Suka Damai, Desa Pemuka, dan Desa Ujung Bawang.


Selain itu, dibagikan pula pada warga Desa Pea Bumbung, Desa Selok Aceh, Desa Ujung, kilangan, Suka Makmur, Kuta Simboling, Desa Siti Ambia, Teluk Ambun, Desa Takal Pasir, Rantau Gedang, Desa Teluk Rumbia, dan sejumlah pesantren yang ada dalam Kecamatan Singkil.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini