ads


ACEHTREND.COM, Singkil — Setelah tes swab beberapa orang warga Aceh Singkil dan telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, stok alat pembawa spesimen swab virus corona viral transport medium (VTM) di Aceh Singkil sempat kosong.


Namun, sekarang alat pembawa sampel virus untuk pengujian Covid-19 telah tersedia lagi.


“Alat ini sudah ada lagi, kita dapatkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh,” ucap dr Darul Amani, Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Aceh Singkil kepada aceHTrend, Kamis (13/8/2020).


Alat tersebut berbentuk jarum suntik tapi ukurannya lebih besar dari jarum suntik dengan spesifikasi khusus. Fungsi alat ini, sebagai media pembawa spesimen lendir hidung dan tenggorokan pasien yang akan dilakukab test swab ke laboratorium.


“Jika VTM ini tidak ada, pasien yang terindikasi tidak bisa kita swab,” tambah Darul.


Ditambahkan, alat penting sebagai media pembawa sampel itu, kata Darul, sempat kosong di tim medis Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Aceh Singkil, namun setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi Aceh, VTM ini kembali dikirim ke Aceh Singkil.


“VTM ini baru saja kita terima sebanyak 200 buah dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh,” ujar Darul Amani.


Dr Darul Amani yang juga Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil menambahkan, saat ini tim medis terus melakukan uji swab pada warga yang sempat melakukan kontak erat dengan warga yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.


“Saat ini Tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh Singkil, terus bekerja melakukan tracking atau identifikasi warga lain yang melakukan kontak erat dengan yang telah positif terinfeksi virus korona,” pungkas Darul Amani.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini