ads


ACEHTREND.COM, Langsa – Sebanyak 686 peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Institut Agama Islam Negeri Langsa mengikuti ujian sistem seleksi elektronik (SSE), Senin (3/8/2020).


“SSE merupakan ujian berbasis komputer yang wajib diikuti oleh calon mahasiswa baru. Dan, mereka mengikuti ujian tidak di kampus, tapi secara online di rumah masing-masing, mengingat saat ini kasus Covid-19 belum berakhir,” sebut Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Dr Basri.


Meskipun mengikuti ujian dari rumah, peserta ujian tetap diawasi oleh kamera pengintai (webcam) yang terdapat pada apliaksi tersebut sehingga mereka tidak dapat melakukan kecurangan.


Basri menjelaskan, pelaksanaan ujian SSE dilaksanakan selama empat hari, mulai 3-6 Agustus 2020 dan ujian ini secara serentak diikuti oleh seluruh PTKIN di Indonesia.


“Satu hari 180 peserta yang mengikuti ujian SSE, satu hari dibagi dalam tiga sesi, per sesinya dikuti oleh 60 peserta,” terangnya.


Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr Muhammad Suhaili Sufyan, menambahkan, dalam proses pelaksanaan ujian, pengawas ruang ujian SSE dapat menegur peserta yang melanggar ketentuan dan akan didiskualifikasi setelah beberapa kali teguran tergantung kesalahan yang dilakukan.


Lanjutnya, secara umum pelaksanaan ujian berjalan dengan baik dan lancar. “Kita selaku penyelenggara ujian di daerah juga dipantau secara langsung oleh panitia pusat,” ungkapnya.


“Hasil ujian SSE akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus mendatang,” ujarnya.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini