ads


ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lhoksukon, Aceh Utara, mengusulkan 218 narapidana untuk mendapat remisi (pengurangan masa hukuman) di hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia. Usulan tersebut berdasarkan kriteria tertentu para narapidana selama tinggal di dalam rutan.


Kepala Lapas Kelas II B Lhoksukon Yusnaidi SH, mengatakan para napi yang mendapat remisi itu sesuai yang diusulkan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Aceh pada 3 Agustus 2020 lalu.


“Dari 218 napi yang mendapat remisi, 206 orang di antaranya laki-laki dan 12 napi wanita,” kata Yusnaidi kepada aceHTrend, Rabu (12/8/2020).


Yusnaidi merincikan, napi yang mendapat pengurangan tahanan selama satu bulan berjumlah 72 orang, kemudian dua bulan 55 orang, tiga bulan 69 orang, empat bulan 14 orang, dan mendapat remisi lima bulan sejumlah 6 orang, sedangkan untuk enam bulan hanya diperbolehkan 2 orang saja.


“Keputusan pemberian remisi itu akan disampaikan kepada napi setelah upacara memperingati HUT RI,” katanya.


Yusnaidi menyebutkan idealnya lapas itu menampung 80 orang, tapi jumlah napi saat ini mencapai 351 orang. Namun, untuk kondisi lapas saat ini aman-aman saja kata dia.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini