ads


ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala kembali meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 490/SK/BAN-PT/Ak-PP/PT/VII/2020 yang menyatakan Unsyiah kembali berstatus akreditasi A berlaku mulai tanggal 11 Juli 2020 – 11 Juli 2025.


Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas keberhasilan perguruan tinggi ini mempertahankan akreditasi A untuk yang kedua kalinya. Prestasi ini adalah buah dari semangat kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan yang telah menjadi jati diri segenap civitas akademika Unsyiah selama ini.


“Alhamdulillah, keberhasilan ini adalah wujud dari komitmen kita untuk terus mengembangkan perguruan tinggi ini. Maka hal ini bukan hanya kebanggaan Unsyiah secara institusi, tapi kebanggaan bagi rakyat Aceh yang terus mendukung perguruan tinggi ini,” ucap Samsul, Kamis (16/7/2020).


Menurut Samsul, pencapaian akreditasi ini memiliki makna yang penting bagi Unsyiah. Sebab hal ini menunjukkan bahwa Unsyiah telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan BAN-PT.


Setidaknya ada empat dimensi penilaian yang ditetapkan oleh BAN-PT, yaitu mutu integritas pada visi dan misi, kepemimpinan, tata pamong, sistem manajemen sumber daya, kemitraan strategis, dan sistem penjaminan mutu internal.


Lalu mutu produktivitas luaran (output) dan capaian (outcomes), yang meliputi kualitas lulusan, produk ilmiah, inovasi, dan kemanfaatan bagi masyarakat. Kemudian mutu proses yang meliputi proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan suasana akademik. Dan mutu input yang meliputi sumber daya dosen, tenaga pendidikan, kurikulum, prasarana dan keuangan.


“Semua standar mutu yang ditetapkan itu berhasil Unsyiah penuhi. Ini penting bagi Unsyiah, untuk memberikan jaminan bagi masyarakat terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan di kampus ini,” ucap Rektor.


Selain itu, saat ini lima program studi di Fakultas Teknik Unsyiah juga berhasil meraih akreditasi internasional, yang dikeluarkan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Education (IABEE) . Kelima prodi tersebut, yaitu Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Geofisika. Kelima prodi ini berhasil mendapatkan kriteria Provisionally Accredited.


Unsyiah untuk pertama kalinya meraih akreditasi A pada tahun 2016. Saat itu Unsyiah mampu melakukan lompatan akreditasi yang cukup signifikan, yaitu dari C ke A. Keberhasilan tersebut akhirnya menjadikan Kemenristekdikti untuk memilih Unsyiah, sebagai rujukan bagi perguruan tinggi mana pun di Indonesia yang ingin belajar akreditasi.


“Semenjak itu, banyak perguruan tinggi yang datang ke Unsyiah. Unsyiah pun secara terbuka membagikan informasi dan strateginya. Sebab kita ingin bersinergi untuk membangun dunia pendidikan di Indonesia,” pungkas Samsul.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini