ads


Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta pihak rumah sakit (RS) mengakomodir keluarga jenazah untuk ikut melaksanakan salat fardhu kifayah sesuai protokol kesehatan.


Wakil Ketua MPU Aceh Tgk Faisal Ali mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah memanggil pihak rumah sakit di Aceh untuk menjelaskan tata cara mengurus jenazah Covid-19. Dari hasil pertemuan itu, kata dia, ada hal yang harus diperbaiki.


“Ada beberapa hal yang kita minta untuk diperbaiki. Misalnya, salat jenazah, kita berharap pihak rumah sakit agar mengakomodir pihak keluarga yang ingin melaksanakan salat,” ujar Faisal Ali saat dikonfirmasi Jumat (24/7).


MPU Aceh juga menyoroti komunikasi pihak rumah sakit dengan keluarga jenazah Covid-19, yang dinilai kurang baik dan perlu diperbaiki. Misalnya, pihak rumah sakit harus menyampaikan kabar duka ke keluarga jenazah dengan cara yang humanis sesuai kearifan lokal Aceh.


Tgk Faisal Ali bilang hal itu tidak terlepas dari dua kasus pengambilan paksa jenazah Covid-19 di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh beberapa waktu lalu. Di mana keluarga jenazah tetap bersikeras untuk mem fardhu kifayah kan saudara mereka di rumah atau di tempat pemakaman umum.


“Ada yang diperbaiki, yaitu komunikasi sosial antara rumah sakit dan pihak keluarga, perlu diperbaiki itu. Tentang pelaksaan tajhiz mayat sudah bagus, sementara komunikasi sosialnya yang lemah. Kita harap tetap humanis,” katanya.


Selain itu, MPU Aceh juga mengeluarkan fatwa terkait dengan pelaksanaan fardhu kifayah pada jenazah yang positif Covid-19.


Sementara itu, kasus pasien positif corona yang meninggal di Aceh, saat ini berjumlah 10 orang. [Randi]


Lihat postingan ini di Instagram


Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Menindaklanjuti peningkatan pelanggaran lalu lintas yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, mulai Kamis (23/7) kemarin Polres Aceh Singkil menggelar operasi Patuh Seulawah tahun 2020. Operasi Patuh Seulawah ini dilaksanakan terhitung mulai dari hari ini tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja mengatakan, operasi dilakukan untuk meningkatkan pendisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, seperti mencanangkan pelopor keselamatan. Data kepolisian Aceh terjadi peningkatan pelanggaran lalu lintas. Pada tahun 2018 terdapat 46 kejadian kecelakaan lalu lintas. Meningkat pada tahun 2019 menjadi 72 kejadian. Sementara pelanggaran di tahun 2018 mencapai 9571, meningkat di tahun 2019 menjadi 13.153 pelanggaran. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #polantas #pelanggaran #patroli #denda #pakaimasker #putarbalik #cegahcorona #antisipasi #masyarakat


Sebuah kiriman dibagikan oleh Kanal Aceh (@kanalacehcom) pada



Posting MPU Sarankan RS Akomodir Keluarga Ikut Salatkan Jenazah Pasien Covid-19 ditampilkan lebih awal di Kanal Aceh.

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini