ads


ACEHTREND.COM, Langsa – Dua warga Kota Langsa HIP (20) dan RIP (40) masing-masing warga Kecamatan Langsa Barat dan Kecamatan Langsa Kota dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.


Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Langsa, Usman Abdullah, melalui Juru Bicara, Yanis Prianto, kepada aceHTrend Selasa malam (28/7/2020) menjelaskan, pasien HIP baru pulang dari Jakarta dan tiba di Kota Langsa pada Senin (20/7/2020).


Awalnya, pada 10 Juli 2020, HIP melakukan tes swab di salah satu rumah sakit di Jakarta dan hasilnya positif. Pada 16 Juli 2020 HIP kembali melakukan swab kedua dan hasilnya juga positif sehingga dilakukan karantina di rumah sakit.


Kemudian, pada 20 Juli 2020, dilakukan swab ketiga dengan hasil negatif dan pasien tetap tanpa gejala. Setelah dinyatakan negatif pasien diizinkan untuk melakukan perjalanan menuju Kota Langsa.


Lalu, pada 24 Juli 2020, dilakukan swab yang keempat dengan hasil kembali positif. Sesuai dengan SOP, pasien tanpa gejala tersebut dilakukan isolasi mandiri dengan protokol kesehatan. Dibantu dengan asupan konsumsi gizi yang baik, olahraga, dan istirahat yang cukup. Namun, jika ada keluhan sakit, sesak, batuk atau demam, dan penyakit penyerta lainnya, maka segera dirujuk ke RSUD Langsa.


Sedangkan untuk pasien RIP, pada 24 Juli 2020 datang ke RSUD Langsa untuk cek kesehatan karena mengalami demam selama lima hari, batuk kering, dan lemas. Lalu, karena pasien dengan gejala mengarah ke Covid-19, maka dilakukan rapid tes dan hasilnya nonreaktif.


Selain itu, hasil diagnosa, pasien mengalami sesak ringan, darah manis, sehingga dianjurkan untuk dilakukan swab. Hasilnya telah keluar pada Selasa (28/7/2020) bahwa RIP positif Covid-19. Kemudian, dilakukan koordinasi dan dilakukan penjemputan oleh tim Dinkes Langsa guna perawatan lanjutan di RSUD Langsa.


“RIP tiba di IGD PIE RSUD Langsa, Selasa (28/7/2020) sekitar pukul 21.40 WIB,” tutup Yanis.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini