ads


ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Hari raya Iduladha 1441 Hijriah tinggal menghitung hari. Sebanyak 300 ekor hewan kurban di Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh siap disembelih usai pelaksanaan salat Idhuladha. Hal itu disampaikan oleh Camat Baiturrahman Muhammad Rizal, S. STP pada Selasa (28/7/2020).


Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Camat Baiturrahman, hewan kurban di kecamatan setempat tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, terdiri atas 217 ekor sapi dan 83 ekor kambing.


“Alhamdulillah di saat pandemi ternyata niat berkurban masyarakat kita meningkat. Tahun 2019 lalu hanya 233 ekor, terdiri atas 169 ekor sapi dan 64 ekor kambing. Total kurban tahun ini dari 10 gampong di Kecamatan Baiturrahman yang masuk data ke kita meningkat mencapai 300 ekor,” jelas Rizal.


Ia menyampaikan bahwa dalam hal pelaksanaan kurban, anjuran Wali Kota Banda Aceh meminta agar masyarakatnya tetap menjaga protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19, seperti tetap memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan memakai sarung tangan.


“Panitia tetap kita batasi sesuai kebutuhan dan dianjurkan agar daging kurban diantar saja ke rumah masing-masing penerima, guna menghindari pengumpulan warga yang akan mengambil daging kurban. Untuk teknisnya kami kembalikan kepada gampong masing-masing,” ungkapnya.


Rizal menambahkan bahwa untuk sementara jumlah hewan kurban tersebut adalah data terakhir yang dirilis Senin, 27 Juli 2020. Kemungkinan ada penambahan pada saat penyembelihan dari warga yang tidak melapor ke panitia sebelumnya.


Hewan kurban untuk penyembelihan pada Hari Raya Idul Adha Tahun 1441 Hijriyah dari 10 gampong di Kecamatan Baiturrahman tersebut, diantaranya; Kampung Baru, Ateuk Munjeng, Neusu Jaya, Ateuk Deah Tanoh, Ateuk Pahlawan, Seutui, Neusu Aceh, Peuniti, Ateuk Jawo, dan Sukaramai.[]


Editor : Ihan Nurdin

ads
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini