Mediaadvokasi.com, Lhokseumawe-Aceh. BNN Kota Lhokseumawe melaksanakan kegiatan bimbingan teknis peningkatan mutu layanan terhadap Lembaga Rehabilitasi Narkoba Instansi Pemerintah (LRIP) ke Puskesmas Muara Dua, Kota Lhokseumawe pada hari Rabu (21/08/19).


Kepala BNN Kota Lhokseumawe, AKBP. Fakhrurrozi, S.H melalui Tim Bimbingan Teknis, yang dipimpin oleh Sofyan, S.Kom saat ditemui mediaadvokasi.com, menjelaskan bahwa pentingnya memberikan pendampingan dan bimbingan kepada jajaran manajemen Puskesmas Muara Dua sebagai salah satu Fasilitas Layanan Rehabilitasi Narkoba, terkait kesiapannya menyediakan layanan konseling rawat jalan kepada masyarakat pecandu narkoba, "meskipun saat ini Puskesmas Muara Dua telah menjadi IPWL Kemenkes, kami tetap dampingi", sebut Sofyan.


Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Puskesmas Muara Dua, Rosmaniar, SKM memaparkan sejumlah kendala yang dihadapi pihaknya, diantaranya adalah masih sulitnya meningkatkan jumlah kunjungan NAPZA Puskesmas, "masih enggan masyarakat datang ke kami" keluhnya singkat. Menanggapi kendala teknis yang dihadapi Puskesmas, Tim Bimtek BNN Kota Lhokseumawe merekomendasikan agar Puskesmas Mara Dua bekerja sama dengan unsur Muspika untuk melakukan sosialisasi dan advokasi kepada pemerintahan gampong dan tokoh masyarakat. "di musrenbang atau apel bersama bulanan kecamatan, mungkin bisa terakomodir masalah ini", Sofyan berandai.


Upaya ini diyakini akan berdampak daya ungkit terhadap pesepsi tokoh agama bahwa pecandu narkoba merupakan masalah bersama yang penting untuk dicari jalan keluar. Strategi lain dapat berupa sinergi dengan Bidan Desa dalam usaha menyampaikan informasi sekaligus merangkul masyarakat, khususnya penyalahguna narkoba agar mendapatkan layanan rehabilitasi di Puskesmas Muara Dua. (Om Bil).
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini