Tribun Barat.Com, Banda Aceh. Berlibur bersama keluarga tercinta merupakan hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika anda dan pasangan anda sama-sama bekerja. Liburan adalah saat di mana anda bisa menghabiskan waktu bersama buah hati dalam suasana yang ceria, namun berlibur bersama keluarga bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Sejumlah faktor, seperti harga tiket pesawat, hotel atau sewa akomodasi, makanan dan biaya lainnya menjadi beberapa komponen yang menyedot dana besar. Oleh karena itu, penting bagi anda merencanakan liburan dengan cermat dan hemat.

Setidaknya terdapat 5 cara menghemat biaya liburan bersama keluarga yang bisa anda lakukan, diantaranya 1. Fleksibel. Jika anda dapat menyusun jadwal liburan yang fleksibel, maka anda bisa menghemat biaya tiket pesawat maupun hotel. Devon Nagle, kepala bidang komunikasi Priceline menjelaskan, rencanakan untuk berlibur pada tengah pekan ketimbang akhir pekan untuk harga-harga yang lebih miring. "Atau pilih destinasi anda, kemudian cek biaya hotel untuk durasi liburan beberapa kali untuk memperoleh tarif termurah. Bandingkan biaya untuk periode menginap yang dimulai pada satu atau dua hari sebelumnya, atau akhiri menginap pada satu atau dua hari dari rencana awal. Penghematannya bisa lumayan," sebut Nagle.


2. Pilih akomodasi di luar pusat kota anda bisa menghemat cukup banyak uang dengan memilih penginapan yang lokasinya sedikit di luar pusat kota. Untuk menjangkau tempat wisata atau pusat kota, anda bisa menggunakan moda transportasi umum. Penginapan yang lokasinya di luar pusat kota cenderung lebih tenang di malam hari dan bisa memberi anda kesempatan untuk melihat bagian kota yang tidak direncanakan namun mengesankan. Selain itu, menuju pusat kota dengan moda transportasi umum pun tak kalah menyenangkan. 3. Cari promo banyak maskapai, hotel, dan perusahaan layanan perjalanan menawarkan beragam promo liburan melalui media sosial, e-mail, hingga aplikasi yang dapat anda manfaatkan. Memanfaatkan promo tentu saja membuat biaya liburan lebih ringan. "Perusahaan kerap menampilkan promo liburan spesial baik secara harian atau mingguan dan mengirimkannya langsung pada anda," terang Nagle.


4. Pesan jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang menarik dan sesuai anggaran liburan anda, maka pesanlah tiket atau penginapan dari jauh-jauh hari. Terkadang, memesan tiket atau penginapan di hari-hari terakhir sebelum perjalanan juga kerap menguntungkan, karena ada saja diskon yang ditawarkan. "Hotel, bahkan yang mewah, kerap menawarkan diskon, kadang-kadang lebih dari separuh harga bagi pelancong yang memesan hotel berdasarkan peringkat bintang dan lokasinya, ketimbang nama (hotel) secara spesifik," ungkap Nagle.


5. Pesan penginapan yang dilengkapi dapur. Ketika melakukan pemesanan untuk liburan, keluarga biasanya cemas soal biaya-biaya terbesar, seperti tiket pesawat dan penginapan. Namun, anda bisa menghemat biaya lainnya yang tak kalah besar, yakni makanan, dengan memilih penginapan yang tepat. James Kaiser, seorang penulis buku panduan perjalanan menjelaskan, biaya makan di restoran bisa sangat mahal. "Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah menginap (di akomodasi) dengan dapur sehingga anda bisa mempersiapkan makanan di sana. Jika itu tak mungkin, belanjalah makanan-makanan dasar di pasar swalayan untuk sarapan, seperti roti dan sereal, lalu makan siang dan malam di luar," sebut Kaiser. Ia menyebut, cara tersebut bisa menghemat pengeluaran secara signifikan. anda bisa mencari penginapan berupa apartemen, rumah, atau villa. Dikutip di Kompas.com dengan judul "Ingin Liburan Bersama Keluarga", (Om Bil).


Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini