TRIBUBARAT.COM - Yayasan Permata Atjeh Peduli memfasilitasi Puskesmas Simpang Bener Meriah Kunjungan Belajar ke Puskesmas Peudada dan Puskesmas Dewantara dalam menginisiasi adanya klinik VCT di Puskesmas Simpang Tiga Bener Meriah.

Tujuan Kunjungan Belajar ke Puskesmas Peudada Kabupaten Bireuen dipilih karena Puskesmas Peudada telah berhasil menjalan Klinik VCT dimulai dari pelatihan konselor puskesmas Peudada di Banda Aceh yang diselenggarakan oleh dinkes provinsi Aceh.



Atas keberhasilan puskesmas peudada dalam melayani pasien susfek HIV dan dalam mensetup klinik, merancang SOP serta mensosialisasikan kepada seluruh tenaga medis puskesmas peudada, sehingga berjalan hinga hari ini dengan baik, hal hal inilah, trik, strategi dan motivasi serta modul-modul dipelajari untuk dipelajari untuk bisa kopi program di puskesmas simpang tiga.

pada hari kedua tanggal 19 April 2018 team VCT puskesmas simpang tiga bener meriah bersama staff P2P dinas kesehatan bener meriah mengunjugi puskesmas Dewantara. 

Pemilihan puskesmas dewantara juga di landasi keberhasilan yang selama ini telah dicapai oleh puskesmas dewantara dalam menjalan klinik VCT yang awalnya dibanda YPAP dalam pembentukan dan pelatihan team konselornya.

hal hal yang dipelajari selama kunjungan belajar ini, diantaranya tentang pengalaman team konselor dalam membangun dari awal klinik, merancang SOP bersama sama di puskesmas, alur rujukan pasien positif, dan alur pendampingan klein setelah memutuskan terapi ARV.


Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini