TRIBUNBARAT.COM -  385 orang calon mahasiswa baru di Universitas Gunung Leuser (UGL) Kutacane, Aceh Tenggara, terancam gagal kuliah.

Pasalnya, dana yang diperuntukkan untuk biaya kuliah mereka masing-masing utusan satu orang per desa masih mengendap di Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Agara yang mencapai Rp 1,3 Miliar lebih, Selasa (12/12/2017). 

Intan, salah seorang calon mahasiswa di UGL Kutacane kepada Serambinews.com, Selasa (12/12/2017) mengatakan, mereka terus mempertanyakan kejelasan jadwal kuliah di UGL Kutacane yang dibiayai dari dana APBDes.

Saat ini, mahasiswa/i lainnya sudah mengikuti perkuliahan dan bahkan ada laporan ada yang sudah selesai mengikuti ujian. 

Menurut dia, kalau memang tidak ada kejelasan kuliah di UGL Kutacane, mereka bisa mencari kerja upahan jadi buruh.

Karena kalau kuliah dari biaya sendiri dia tidak mampu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kute (BPMK) Aceh Tenggara, Amri Siregar mengatakan, pembiayaan kuliah mereka dibebankan dari dana APBDes 2017.Ini bersumber dana pos dana bagi hasil dari bahagian pajak dan retribusi daerah mencapai Rp 1,3 Miliar lebih belum dibayarkan pihak BPKKD Agara,

Padahal mereka telah ajukan pembayaran pada September 2017 yang lalu.

Menurut dia, Perbup nomor 68 tahun 2017 direvisi, seharusnya dari awal Perbup telah dikeluarkan, harusnya dibaca-baca juga oleh pihak BPKKD Agara.


Kepala BPKKD Agara, Lutfieka SE mengatakan, ada masalah peraturan Bupati (Perbup) qanun tentang perkuliahan tersebut yang diperbaiki atau direvisi, makanya dananya belum dicairkan.

Pembina LSM Satyapila Aceh Tenggara, Dr Nasrulzaman mengatakan, seharusnya, pihak BPKKD Agara membaca Perbup tersebut.


Jangan tiba-tiba beralasan Perbup yang harus direvisi. Akibat bekerja tidak profesional ini yang bakal jadi korban adalah calon-calon mahasiswa/i, bagaimana mereka mau menyelesaikan kuliahnya kalau saat ini saja belum dimulai perkuliahan.

"Kuliah ini bukan abal-abalan. Untuk menyelesaikan kuliah S1 minimal mereka aktif kuliah empat tahun lebih dan full masuk kuliah," tanya Nasrulzaman yang juga akademisi di salah satu Universitas negeri di Aceh. 

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/12/12/ratusan-calon-mahasiswa-terancam-gagal-kuliah-di-ugl-kutacane-ini-penyebabnya?page=2
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. PENGUMUMAN !!!
    Untuk Merayakan Natal 2017 dan Menyambut Pergantian Tahun 2018
    www(titik)pokerayam(titik)org ingin memberikan info
    Deposit 50 ribu FREE 50 ribu loh !!!
    Berlaku pada 1 Des 2017 - 1 Januari 2018
    Hanya 100 User ID Beruntung jangan ketinggalan
    Masih banyak promo lainnya juga loh

    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043

    ReplyDelete