TRIBUNBARAT.COM - Sopak (Barash) adalah penyakit yang ditandai bercak putih pada bagian luar kulit hingga selanjutnya dapat berakibat belang kulit serta menghilangkan kemampuan peredaran darah dalam kulit. Dan biasanya rambut yang tumbuh pada organ tubuh yang terjangkit akan berwarna putih. Jenis inilah yang biasa diistilahkan dengan kusta kering.

 Mencegah Sopak
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sopak menurut ajaran Nabi Muhammad Saw., yaitu:

Mengkonsumsi Garam
Rasulullah Saw. bersabda: "Mulailah makananmu dengan garam dan akhirilah (juga) dengan garam, maka kamu akan dijauhkan dari tujuhpuluh dua macam dari beberapa macam cobaan. Dan termasuk diantaranya kusta dan lepra"

Tidak Mencongkel Gigi Dengan Kayu Raihan dan Rumman
ٌRasulullah Saw. Bersabda: "Janganlah kamu menyela-nyela (gigimu) dengan kayu tumbuhan raihan (tumbuhan berbau harum) atau kayu pohon delima karena keduanya akan menggerakkan urat (saraf) dari kusta. (HR. Haytsami)

Tidak Menggigit Kuku
Sebahagian ulama mengatakan: "Memotong kuku dengan gigi adalah makruh dan akan mengakibatkan kusta" 

Menelan Liur bekas Siwak
Tersebut dalam kitab Nihayatu az-Zain: "Disunatkan menelan ludah sewaktu meletakkan siwak (sikat gigi) di mulut dan sebelum mengosokkan berulang-ulang, karena dari hal itu (menurut satu pendapat) akan menjaga dari kusta, lepra dan penyakit-penyakit lain".  

Obat Sopak
Disebutkan dalam kitab I'anatu ath-Thalibin, salah satu obat untuk penyakit sopak adalah Air bunga mawar, yaitu dengan cara digosok-gosokkan pada bagian yang terkena sopak selama tiga hari. Insya Allah penyakit sopak akan sembuh.

Wallahu A'lam

(Sumber: I'anatu ath-Thalibin III/334, al-Maktabah asy-Syamilah, dan http://azka03.blogspot.com)
http://peutrang.blogspot.co.id/2013/10/obat-untuk-penyakit-sopak.html
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete