Tribunbarat.com, Lhokseumawe - Project Officer Caritas Germany berkunjung ke Yayasan Permata Atjeh Peduli, ini merupakan kunjungan dalam rangka KICK-OFF project tahun 2017 s/d 2019 yang didanai oleh Caritas Germany. Dalam kunjungan dalam kunjungan-nya Yushar sebagai Project Officer Caritas Germany Yushar memberi Capacity Building kepada staf YPAP. Diantara materi Capacity Building yang diberikan dari tanggal 27-29 Oktober 2017 diantaranya :



Logframe
Kerangka kerja Logis (KKL) atau yang biasa dikenal dengan Logframe adalah panduan untuk melihat logis tidak-nya sebuah proyek itu dijalankan. Project Officer Caritas Germany menjelaskan kepada staf YPAP kapan dan mengapa KKL ini harus menjadi panduan dalam menjalankan kegiatan proyek. KKL atau Logframe bukan dokumen mati tetapi dokumen hidup yang harus menjadi Navigator dalam menjalankan kegiatan.


Monitoring
Perencanaan yang baik tidak akan menghasilkan Outcome yang baik apabila tidak diikuti dengan monitoring. Kriteria outcome yang baik : Produk/fasilitas digunakan oleh penerima manfaat (beneficiaries), adanya Perubahan Prilaku dan yang terakhir, barang, jasa dan perubahan praktek kerja bermanfaat bagi penerima manfaat akhir.




Pelaporan
Dalam kesempatan ini, Project Officer Caritas Germany juga menjelaskan ketentuan-ketentuan dan poin-poin yang harus disertakan dalam lapaoran. Laporan adalah hal yang harus disiapkan oleh personil untuk men-justifikasi- penggunaan dana proyek.

Dengan adanya sesi Capacity Building ini, diharapkan staf YPAP dapat menjalankan kegiatan-kegiatan proyek dengan profesional dan berkualitas.


Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini