TRIBUNBARAT.COM - Bertempat di  The Hotel Lampeuneurut Aceh Besar 26 Oktober 2017 Caritas Germany menyelenggarakan Workshop Penyempurnaan Dokumentasi Integrasi Layanan Fisioterapi di 4 Puskesmas di Aceh yaitu 1 di Kota Banda Aceh (Puskesmas Bandaraya) dan 3 Puskesmas di Kab.Aceh Besar (Puskesmas Darul Imarah, Puskesmas Sukamakmur dan Puskesmas Montasik. Caritas Germany mengangap Workshop ini penting karena strategi yang diterapkan di Aceh ini berhasil dan berkelanjutan untuk itu layak untuk direplikasi di wilayah lain diluar Aceh.



Untuk penyempurnaan dokumentasi ini Caritas Germany mengudang pihak-pihak yang pernah terlibat baik langsung atau tidak langsung selama proses intergrasi layanan fisioterapi ini berjalan. Turut serta dalam workshop ini adalah perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh (Bidang YANKES), dari Dinas Kesehatan Kab.Aceh Besar dan perwakilan dari 4 Puskesmas; Puskesmas Banda Raya, Puskesmas Darul Imarah, Puskesmas Sukamakmur dan Puskesmas Montasik.




Mengawali workshop ini, Yushar sebagai Project Officer Carita Germany di Indonesia mempresentasikan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Caritas Germany untuk meng-integrasikan layanan fisioterapi di Puskesmas. Setidaknya ada 8 tahap yang dilakukan oleh Caritas Germany dalam meng-integrasikan Layanan Fisioterapi di Puskesmas. Kedelapan langkah itu antara lain : Pendataan Kebutuhan,audiensi dengan kepala Puskesmas, audiensi dengan Kabid.Yankes, Audiensi dengan Kepala Dinas dan menyelenggarakan workshop advokasi anggaran dengan melibatkan dinas dan instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota dan Kabupaten.



Melengkapi presentasi yang disampaikan oleh Caritas Germany, kemudian masing-masing Puskesmas juga mempresentasikan keberhasilan program RBM (Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat) yang dijalankan di Puskesmas. Dari presentasi yang disampaikan oleh setiap Puskesmas terbukti bahwa Strategi RBM memang tepat untuk diintegrasikan di Puskesmas dengan menggunakan sumber dana yang tersedia di Puskesmas seperti dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan.












  

Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete