TRIBUNBARAT.COM - Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi keponakan saya di Surabaya. Seperti biasa suasana khas Surabaya yang panas dan macet. Tetapi kondisi ini sepertinya masih mendingan dibandingkan dengan kondisi di jabotabek. Semua orang tumpah ruah, berebut rezeki di kota besar terutama di pusat ibukota Jakarta. Di sepanjang perjalanan saya berpikir, kenapa kebanyakan orang berpikir rezeki itu datangnya dari kota?. Saya jadi teringat tiga tahun lalu pengalaman saya dengan usaha toko online. Saat itu kelima karyawan saya keluar dengan alasan akan bekerja di Surabaya. Mereka mengangap gaji di tempat saya lebih kecil dibanding perusahaan di Surabaya. Padahal sebenernya standar gaji yang saya berikan ke karyawan sudah di atas UMR di daerah saya. Secara nominal mungkin kalah, tetapi sebenarnya secara nilai, gaji yang saya berikan lebih besar dibandingkan gaji yang diberikan oleh perusahaan di Surabaya kepada mantan karyawan. Jadi curhat gini, oke kembali ke laptop.

Tujuan saya menulis ini adalah, agar kita tercerahkan oleh mindset yang selama ini kurang tepat. Mindset yang menganggap bahwa untuk mendapat rezeki yang besar, kita harus pergi ke kota. Akibatnya banyak pemuda pemuda produktif yang sebenarnya mempunyai potensi bagus, enggan tinggal di desa dan memilih mencari rezekinya di kota-kota besar. Tulisan saya ini bukan hanya sekedar teori, tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi yang merasakan nikmatnya hidup di desa dengan memanfaatkan segala potensi yang ada.


Setelah menyelesaikan study S1 di Bogor, saya langsung kembali ke daerah asal saya. Melihat berbagai macam potensi besar yang bisa dijadikan bisnis menguntungkan, akhirnya saya memutuskan untuk menetap di kampung dan membesarkan bisnis saya.

Sebenarnya mengembangkan usaha di desa, lebih mudah dan peluang menjadi besarnya lebih gampang dibandingkan di kota besar. Hanya perlu sedikit kreativitas dan kerja cerdas agar bisnis anda di desa bisa menjadi sumber rezeki yang melimpah. Berikut ini adalah tips menemukan peluang usaha di desa yang menjanjikan

1. Gali potensi di daerah  anda. Seringkali kita tidak menyadari potensi yang ada di daerah kita sendiri. baik itu potensi alam, wisata, kuliner, budaya, atau potensi sosial. sebagai contoh : Jika di daerah kita terdapat tempat wisata yang unik, kita bisa membuka usaha tour travel. Jika daerah kita mempunyai makanan khas daerah yang ciamik, bisa dengan membuka usaha kuliner makanan khas.
2. Temukan potensi diri dan lihat sekitar. Setiap orang pasti punya potensi masing-masing. kecenderungan pada hal tertentu. Bisa sesuai background pendidikan kita, keteramilan khusus, bakat alami, atau bahkan hobbi kita. Contoh : Punya hobby dan keterampilan bongkar pasang automotif - bisa membuka usaha bengkel. Punya keterampilan di bidang internet marketer - bisa membuka toko online, google adsense, affiliate marketer dan lain-lain.
3. Gabungkan potensi daerah dan potensi diri. Peluang usaha yang menjanjikan adalah yang merupakan gabungan keduanya yaitu yang merupakan potensi daerah dan juga potensi diri. Kalaupun tidak ada, tidak  masalah, yang terpenting adalah segera menentukan usaha apa yang akan kamu tekuni.
4. Action. Kalau sudah menemukan usaha yang pas, ya tinggal action.Percuma kalau cuma dipikir dan direncanakan. Saat kita action, maka kita akan banyak belajar. Fokuslah pada tujuan dan terus bergerak.
Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan
Berikut ini akan saya jelaskan tujuh jenis peluang usaha di desa yang menjanjikan. Peluang - peluang usaha ini beberapa adalah usaha yang sedang jalani, pernah saya jalani, dan pernah saya analisis peluangnya tetapi belum sempat saya jalani.

1. Usaha Kuliner.
" Selama manusia belum bisa berfotosintesis, maka usaha kuliner akan tetap eksis". Begitulah saya menggambarkan begitu besarnya peluang bisnis makanan ini. Semua orang butuh makan, dan sehari tiga kali tidak pernah bosan. Jika kamu keahlian memasak, dan di daerahmu ada makanan khas, maka ini peluang usaha yang sangat menjanjikan. Kunci pertama di usaha ini adalah mampu menyajikan makanan yang lezat, maka sudah pasti tempatmu akan kebanjiran konsumen setiap harinya.

Bisnis kuliner ini banyak sekali jenisnya, ada berupa warung makan, gorangan, kue, angkringan, dan sejenisnya. Sesuaikan dengan daerahmu masing-masing. Karena sukses usaha makanan di daerah A belum tentu berhasil jika diterapkan di saerah B. Selengkapnya tentang peluang usaha kuliner ada di sini : Peluang usaha makanan dengan modal kecil.

2. Peluang Usaha Internet Marketer.
Kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepat membuat semua manusia di dunia ini terhubung satu sam lain dengan internet. Segala macam kemudahan yang ditawarkan internet mau tidak mau memaksa manusia untuk menikmatinya. Gaya hidup manusia berubah menyesuaikan zaman teknologi digital. Begitu juga dengan gaya bisnis di masa kini semua serba digital. Di dunia bisnis, di kenal istilah internet marketing, yaitu sebuah skill pemasaran menggunakan media internet.


Internet marketing merupakan ilmu wajib yang harus kamu kuasai jika ingin terjun di bisnis online. Mengusai internet marketing bisa menjadi modal yang sangat berharga di era digital seperti saat ini. Jika kamu sudah menguasai internet marketing, kamu akan dengan mudah menjual apapun produk atau jasa.

Saya sendiri merupakan salah satu yang menekuni internet marketing ini. Saya belajar mulai dari nol sampai bisa seperti saat ini. Alhamdulillah dengan keterampilan internet marketing ini, banyak hal yang bisa saya lakukan. Saya mmepunyai usaha toko online, Google Adsense, dan lembaga kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris. Salah satu keunggulan peluang usaha internet marketing adalah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak peduli kamu berada di desa, di kampung, atau di pelosok daerah, asal ada jaringan internet, kamu bisa membuka usaha dengan keterampilan internet marketing.

Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa kamu kerjakan saat menguasai skil internet marketing, tidak hanya bisnis online, tetapi juga bisa mengembangkan bisnis offline yang dionlinekan di internet. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa kamu kembangkan :
- Peluang usaha toko online, selengkapnya ada di : Peluang usaha toko online.
- Peluang usaha Youtube Adsense, selengkapnya klik di sini.
- Peluang usaha PPOB Gratis, potensi puluhan juta rupiah, selengkapnya ada di sini.
- Peluang usaha jasa pendidikan, selangkapnya ada di sini : Peluang usaha jasa pendidikan.
- Peluang usaha Android penghasilan dolar, selengkapnya klik di sini.

3. Peluang Usaha Kursus.
Belajarlah sampai ke negeri cina. Kira-kira seperti itulah pepatah menggambarkan tentang begitu pentingnya mencari ilmu. Mencari ilmu bisa dilakukan dimana saja salah satunya di sekolah. Pemerintah mendorong masyarakat agar meningkatkan pendidikan dengan program wajib belajar 9 tahun.Hal ini merupakan peluang usaha di bidang jasa pendidikan.

Selain pendidikan di sekolah, ada juga pendidikan yang dilakukan di luar sekolah yang bisa menjadi peluang usaha. Contohnya adalah kursus dan bimbingan belajar. Salah satu usaha yang saya tekuni saat ini adalah usaha kursus bahasa inggris di Kampung Inggris. Siapa yang tak kenal Pare dengan Kampung Inggris nya?. Kampung Inggris merupakan suatu daerah di Pare, kabupaten kediri dimana terdapat ratusan lembaga kursus bahasa inggris yang telah berhasil mencetak ribuan orang terampil berbahasa Inggris. Tuntutan zaman saat ini memaksa kita untuk menguasai bahasa internasional agar lebihmudah bersaing. Potensi ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Selain kursus, bisa juga dengan membuka bimbingan belajar. Prospek usaha bimbingan belajar akan semakin berkilau ke depannya, selama masih banyak orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya tetapi menginginkan anak-anaknya berprestasi di sekolah. Orang tua tidak punya waktu untuk mendampingi anak-anaknya belajar sehingga mempercayakan kepada lembaga bimbingan belajar untuk memberikan jam belajar tambahan untuk anaknya.

4. Peluang Usaha Ternak Hewan

Peluang usaha ternak hewan merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan di desa. Peluang usaha ini juga beragam jenis hewan yang diternakkan seperti sapi, kambing, ayam, bebek, lele, mujair, dan lain-lain. Peluang usaha ini sangat cocok dilakukan hanya di desa karena lahan kosong yang masih banyak serta kondisi perumahan yang tidak padat seperti di kota.


Usaha ternak hewan ini termasuk usaha yang sederhana jika kamu menguasai ilmunya. saran saya, belajarlah langsung dari orang yang sudah sukses di jenis usaha ternak hewan ini. Bisa dengan cara magang di tempat usahanya, mempelajari semua cara budidayanya, pakannya, sampai cara memasarkannya. Dengan cara seperti itu, anda akan mengurangi risiko kegagalan akibat proses trial dan eror.

Salah satu teman saya yang sukses di ternak hewan adalah Adam Maulida. Beliau sukses dengan menekuni ternak cacing. Mungkin bagi sebagian orang menganggap remeh dengan bisnis ini. Tetapi Adam Maulida telah membuktikan bahwa dengan tekad yang kuat dan fokus dengan bisnisnya, bisa membuat Adam kini menjadi seorang jutawan. Informasi selengkapnya tentang Adam Sang Jutawan dari ternak cacing, klik di sini.

5. Peluang Usaha Agribisnis
Usaha apalagi yang paling mudah dilakukan di pedesaan kalau bukan di bidang pertanian? Yup betul sekali, pertanian ini akan terus ada selama manusia masih membutuhkan makanan. Karena sumber makanan yang ada di dunia berasal dari pertanian. Tidak selamanya petani itu susah, tergantung ilmu kita dalam bertani, profesionalisme kerja, dan mindset yang memposisikan pertanian sebagai sebuah bisnis bukan hanya sekedar bercocok tanam.

Peluang usaha agribisnis ini banyak sekali jenisnya seperti : budidaya sayuran, budidaya sayur-sayuran, budidaya jamur, budidaya makanan pokok, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Sudah banyak pengusaha di bidang agribisnis yang berhasil dan menjadi milyarder. Salah satunya adalah Pak Gun Sutopo. Pak Gun adalah sosok sederhana yang berhasil sukses di bidang budidaya buah naga dan agrowisata buah naga. Profil lengkap bisnis buah naga beliau, bisa di simak di tulisan : Kisah petani milyarder Gun Soetopo.

6. Peluang Usaha Konveksi.
Selama manusia masih berpakaian, maka usaha konveksi akan tetap berkilau. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Artinya jasa pembuatan baju dan pakaian akan selalu dibutuhkan dimanapun anda berada termasuk di desa. Bahkan kalau kita kreatif sedikit, usaha konveksi di desa akan tumbuh dengan cepat karena minimnya saingan yang ada.

Sekali lagi, agar anda sukses di bisnis ini, diperlukan ilmu yang tepat dari seseorang yang telah sukses dengan bisnis konveksi. Saya sendiri pernah mempunyai usaha konveksi dan pakaian. Secara lengkap saya tulis rangkumannya di sini : Tips memulai bisnis pakaian dengan modal kecil.

7. Peluang Usaha Toko Kebutuhan Sehari - hari.
Seringkali kondisi geografis pedesaan yang jauh dari pasar, membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini bisa menjadi peluang bagi kita membuka usaha toko kelontong. Dengan niat membantu warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, sekaligus menjadi sarana berbisnis.

Usaha jenis ini cukup sederhana yang diperlukan adalah ketelitian dan ketelatenan. Yang tidak kalah penting adalah mendapatkan suplier barang dengan harga kompetitif serta menguasai ilmu bisnis ritel tentang stok produk, manajemen keuangan ritel, dan pemasaran.

Demikian tadi ketujuh peluang usaha di desa yang menjanjikan. Siapa bilang tinggal di desa tidak bisa mendapat rezeki yang melimpah? Asal ada niat, tekun, kreatif, dan profesional, maka kita akan merasakan manisnya hidup di desa. Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi anda yang sudah bosan hidup di kota dengan segala hiruk pikuk yang ada, dan juga bagi kalian yang berencana hidup menetap dan membangun desa. Semangat berbisnis dan berkarya.

sumber:  http://www.masfrandy.com/2016/05/7-peluang-usaha-di-desa-yang-menjanjikan.html
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini