TRIBUNBARAT.COM - Selain dijadikan penyedap makanan, daun salam juga kaya akan manfaatnya bagi kesehatan yang juga dijadikan sebagai obat tradisional. Berikut adalah enam masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan rutin mengonsumi daun salam.

1. Mendukung program diet

Daun salam juga bisa digunakan sebagai 'menu' penting selama program diet dengan meminum air rebusannya. Rebus 20-30 lembar daun salam hingga mendidih, kemudian dinginkan dan simpan dalam lemari pendingin. Minumlah air rebusan dua kali sehari (pagi dan malam) dengan teratur selama dua minggu.

2. Membuat tekanan darah stabil


Bagi penderita tekanan darah tinggi, kontrol tekanan darah dengan meminum ramuan dari daun salam. Rebus sepuluh lembar daun salam segar dengan tiga gelas air, kemudian tunggu hingga air rebusan tersisa satu gelas saja. Saringlah air rebusan tersebut dan minumlah dua kali sehari sebanyak setengah gelas.

3. Mengobati maag akut

Jika mengonsumsi obat maag dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kinerja hati dan ginjal, manfaatkan daun salam untuk mengobati penyakit maag Anda. Rebus 20 lembar daun salam dengan ½ liter air selama 15 menit lalu tambahkan gula (jawa/aren). Minumlah air rebusan ini setiap pagi.

4. Mengatasi diare
Tidak hanya daun jambu biji, air rebusan daun salam juga memiliki khasiat untuk meredakan diare. Rebuslah 15 lembar daun salam dengan dua gelas air hingga mendidih lalu tambahkan dengan garam. Minumlah air rebusannya setelah makan agar diare berkurang.

5. Membantu mengobati penyakit ginjal

Infeksi ginjal dapat diringankan dengan meminum air rebusan daun salam secara rutin sebanyak dua kali utnuk menurunkan pembentukan batu ginjal. Caranya, rebus lima gram daun salam kedalam 200 ml air, dan tunggu hingga mendidih dan tersisa sekitar 50 ml air. Saring rebusan hingga ampasnya tak tersisa.

6. Memutihkan gigi secara alami

Tidak hanya pengobatan dalam, Anda juga dapat memanfaatkan daun salam untuk membuat gigi lebih putih. Caranya, jemur daun salam dan kulit jeruk hingga kering, lalu tumbuh dan beri sedikit air hingga menjadi pasta. Gunakanlah untuk menggosok gigi selama satu bulan.

SUMBER: http://www.msn.com/id-id/kesehatan/medis/atasi-berbagai-penyakit-dengan-daun-salam/ar-AAoBIrh
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete