TRIBUNBARAT.COM, BANDA ACEH - Kurang lebih 24 jam lagi, di Gedung DPRA, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah akan diambil sumpah dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai gubernur/wakil gubernur Aceh. Setelah itu, keduanya resmi menjadi pemimpin bagi lima juta penduduk Aceh selama lima tahun ke depan.

Bagi Irwandi Yusuf, ini kali kedua ia mengemban amanah yang sama, setelah periode 2007-2012 bersama wakilnya saat itu, Muhammad Nazar. Tentu saja, pendiri Partai Nasional Aceh--kini Partai Nanggroe Aceh--ini sudah merasakan bagaimana menjadi orang nomor satu di Aceh termasuk suka dukanya.

Catatan Serambi, Irwandi adalah sosok kepala daerah yang bisa dibilang jarang menggunakan fasilitas negara. Terbukti, saat menjabat sebagai gubernur periode 2007-2012, ia jarang menggunakan kendaraan dinas, bahkan Meuligoe Gubernur Aceh sebagai rumah kediaman jarang ia tempati. Bersama keluarga, ia justru memilih tinggal di rumah pribadinya di kawasan Lampriek, Banda Aceh. Kebijakan Irwandi tersebut, waktu itu sempat juga menuai protes karena dana operasional untuk meuligoe, walau tidak ditempati, tetap saja dikucurkan.

Tampaknya tradisi ini akan dipertahankan Irwandi, ia tetap memilih ‘istana’ Lampriek sebagai tempat tinggal bersama keluarga selama menjabat gubernur Aceh nanti. “Saya tinggal di rumah ini,” kata Irwandi singkat, saat ditanyai Serambi terkait ikhwal tersebut di sela-sela sesi pemotretan mengenakan pakaian dinas upacara bendera (seragam gubernur) di rumahnya di Jalan Salam, Lampriek, Kecamatan Alam, Banda Aceh, Senin (3/7).

Lantas, apa alasan Irwandi hingga tetap memilih tinggal di rumah pribadinya. Ia mengatakan, alasan konkretnya karena rumah di Jalan Salam Lampriek itu adalah rumahnya. Sedangkan meuligoe, menurut Irwandi, bukan rumahnya. “Alasannya karena ini rumah saya, kalau pendopo bukan rumah saya,” kata suami Darwati A Gani ini sambil tersenyum.

Alasan yang sama juga sempat disampaikan Irwandi saat mengunjungi Kantor Harian Serambi Indoensia, 20 Juni lalu. Kala itu ia mengatakan, ia lebih nyaman tinggal di rumah pribadinya di Lampriek, karena itu rumahnya. Jika tinggal di pendopo, menurut Irwandi, pendopo yang memilikinya.

Pun demikian, Irwandi bukan berarti tidak mau sama sekali menggunakan Meuligoe Gubernur Aceh. Ia tetap akan memanfaatkan meuligoe untuk kerja-kerja gubernur, namun hanya untuk hal-hal tertentu saja, seperti untuk menerima tamu atau rapat. “Ya mungkin untuk terima tamu saja,” kata Irwandi.

Pesawat pribadi
Usai pelantikan besok, Irwandi dijadwalkan akan melakukan road show secara periodik ke 20 kabupaten/kota untuk melantik bupati/wakil bupati terpilih hasil Pilkada 2017. Untuk kegiatan ini, Irwandi juga berencana tak akan menggunakan kendaran dinas, ia tampaknya akan menggunakan pesawat pribadinya untuk datang ke kabupaten/kota.

“Kalau kabupaten/kota yang ada landasannya, saya akan gunakan pesawat. Tapi meunyoe yang toe lagee u Sibreh kiban taek pesawat (Tapi kalau yang dekat seperti ke Sibreh, Aceh Besar, bagaimana mau naik pesawat),” ujarnya.

Irwandi mengaku akan mempercepat pelantikan bupati/wali kota di seluruh Aceh. Tapi, ia tetap akan mengikuti jadwal yang telah diatur oleh Biro Humas dan Protokoler Setda Aceh. “Kita upayakan cepat, tapi tetap ikut jadwal protokoler, mereka lebih tahu. Ini tanggung jawab saya, lebih cepat lebih baik, agar kita bisa menyibukkan diri dengan hal-hal lain,” pungkas Irwandi Yusuf.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/07/04/irwandi-pilih-istana-lampriek
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini

Sakira Leony said...

Maaf Ganggu, sesama umat manusia harus saling membantu
disini aku ingin memberikan solusi untuk cara mendapatkan
pundi pundi uang untuk menutupi kebutuhan, ini memang NYATA !!!
Silahkan bergabung dengan keberuntungan yang melimpah
di P-O-K-E-R-A-Y-A-M.co dan dapatkan jackpot ratusan juta
Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu akan menjadi Rumah Mewah
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

Nina Tun said...

Keberuntungan diawali dari kerja keras dan pantang semangat
Minimal depo 10 ribu akan menjadi bongkahan HARTA !!
Hadir disini untuk kalian yang membutuhkan kami
Kunjungi www,pokerayam,co
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A