TRIBUNBARAT.COM - HARI itu, Selasa (18/7), seusai melantik Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya, Drs HT Irfan TB-Tgk Yusri S, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bergerak ke Gampong Ie Jeureungeh, Kemukiman Pante Purba, Kecamatan Sampoiniet. Tujuan sang Gubernur ke gampong tersebut untuk melepas kangen dengan seekor gajah bernama Jojo, yang kini menetap dan berada di bawah kendali Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet.

Gubernur Irwandi menyimpan kenangan tersendiri dengan Jojo yang ditemukan terperosok di pedalaman Aceh Utara pada 1998. Kini, si ‘Bona’ kecil itu sudah tumbuh menjadi sosok gajah dewasa dan menghuni CRU Sampoiniet, Aceh Jaya.

Ketika Irwandi datang, Jojo bersama dua temannya sedang berendam di sungai belakang CRU Sampoiniet. Irwandi hanya melihat dari tepi sungai kelakuan satwa dilindungi itu. “Jojo. Jojo...,” panggil Irwandi dari tepi sungai.

Tak lama berselang, Jojo dan temannya yang ditunggangi oleh ranger CRU menepi menemui ‘teman’ lamanya. “Yang mana Jojo?” tanya Irwandi kepada ranger CRU.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo yang berada di sampingnya spontan menunjuk ke arah Jojo. Irwandi pun mengulurkan tangan kanannya ke arah Jojo yang disambut dengan belalainya. Jemari Irwandi mengelus-elus belalai Jojo. Nostalgia Irwandi-Jojo disaksikan puluhan pasang mata warga yang turut hadir. “Nyoe lon rawat dilee (ini saya rawat dulu),” kata Irwandi mengenang.

Irwandi tampak senang saat bersua kembali dengan Jojo. Ini merupakan pertemuan pertamanya dengan Jojo setelah menjabat sebagai Gubernur Aceh untuk kedua kalinya. Irwandi memiliki kenangan tersendiri tentang Jojo. Makhluk berbelalai panjang itu pun tampaknya tak lupa dengan sosok Irwandi. Berulang kali Jojo menyentuh Irwandi dengan belalainya.

Pertemuan pertama mereka saat Jojo kecil atau yang bernama lengkap Johanna ditemukan terperosok ke sumur di ladang warga kawasan Aceh Utara pada medio 1998. Kala itu, Irwandi yang bekerja di Flora Fauna Indonesia (FFI) menolong dan merawatnya hingga besar sebelum dikarantina di CRU Sampoiniet.

“Kami datang menyelamatkan karena dalam keadaan kurang sehat. Kami putuskan untuk merawatnya dan kemudian memberi dia nama Johanna,” kenang Irwandi.

Johanna diambil dari nama salah satu jurnalis perempuan BBC. Tetapi, hewan berbadan besar itu lebih akrab disapa Jojo. Sebelum CRU Sampoiniet berdiri pada Juli 2008, gajah jinak ini dirawat di Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Saree, Kabupaten Aceh Besar.

Di CRU Sampoiniet, Jojo ridak sendiri. Ada tiga gajah lain di sana, yaitu Azis (20), Isabela (18), dan Olo (18). Tetapi, Olo tidak sejinak tiga nama lain, sehingga harus dirantai saat kedatangan Irwandi. “Buka mulut,” kata Irwandi saat hendak menyuapkan pisang kepada Jojo.

Jojo yang jinak dan penurut itu pun membuka mulutnya. Lalu Irwandi memasukan lima buah pisang sekaligus dalam mulutnya. Irwandi juga menyuapkan Azis dan Isabela secara bergantian. Dalam waktu 10 menit, satu tandan pisang ludes.

Irwandi juga memberikan durian untuk ketiganya. Tanpa perlu dikupas, ‘raja buah’ itu pun dengan cepat meluncur ke kerongkongan hewan yang dalam Bahasa Aceh dikenal dengan sebutan ‘Po Meurah’. Irwandi tampak bahagia dan terlihat tak mau jauh-jauh. Ia bahkan tak henti-henti membelai dan menepuk kepala Jojo. Seakan tak mau berpisah.

Perjalanan Irwandi ke CRU Sampoiniet yang berjarak 24 kilometer dari Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh memakan waktu sekitar 30 menit melewati perkebunan sawit dan durian.

Dalam perjalanan itu, Irwandi dan rombongan sempat dihadang oleh warga Desa Ligan, Kecamatan Sampoiniet. Irwandi diminta turun. Pria yang akrab disapa Tgk Agam ini dibawa ke salah satu rumah. Ternyata di sana telah mempersiapkan satu nampan ketan. “Nyoe kaoi kamoe (ini nazar kami),” kata Rahmati saat Irwandi di-peusijuek oleh dua tokoh agama desa tersebut, Tgk Azmi dan Tgk Muhardi Nurdin.

Setelah beramah tamah dengan warga Ligan, Irwandi dan rombongan yang dikawal aparat keamanan kembali melanjutkan perjalanan. Sisa perjalanan 4 kilometer lagi sedikit menguras energi karena harus melewati jalanan berbatu. Namun kenangan tentang Jojo membuat sang Gubernur tetap bersemangat. Begitulah.

SUMBER: http://aceh.tribunnews.com/2017/07/20/nostalgia-irwandi-bertemu-jojo
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. Jangan lewatkan PROMO KEMERDEKAAN FREEBET INDONESIA KE-72
    Agustus EveryDay Get 10% untuk 100 User ID Beruntung di setiap Harinya bersama www.pokerayam.com
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Poker Terpercaya
    Poker Indonesia
    Poker Terbaik
    Klik Disini

    ReplyDelete