TRIBUNBARAT.COM, SINGKIL - Tujuan wisata Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, sejak sepekan terakhir mulai dibanjiri turis dari Eropa. Kedatangan para wisatawan asing ini membuat semua penginapan yang tersebar di gugusan Kepulaan Banyak, penuh.

Informasi yang diperoleh Serambi para turis Eropa ini antara lain berasal dari Jerman, Ceko, Belanda dan sejumlah negara Eropa lainnya. Selain turis dari Eropa, wisatawan lokal juga tampak banyak yang berlibur memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Nakhoda speedboat Azwar mengatakan kepada Serambi kemarin di antara penumpang boat, feri dan speedboat selalu terlihat para turis Eropa. Bahkan speedboat miliknya sudah sepekan beroperasi mengantar wisatawan mancanegara yang beberapa di antaranya berlibur bersama keluarga. Sedangkan jadwal operasi feri yang melayani Singkil-Pulau Banyak hanya dua kali sepekan.

“Bisa dikatakan di antara para pengunjung turis Eropa mendominasi berlibur ke Pulau Banyak,” katanya. Ketua Himpuan Pramuwisata Indonesia (HPI) Aceh Singkil Satiman mengatakan ramainya turis Eropa yang datang ke Kepulauan Banyak mendatangkan rezeki bagi masyarakat dan pramuwisata. “Sekarang turis yang booking sama saya saja lebih dari 50 orang,” katanya.

Menurut Satiman di Eropa saat ini sedang musim liburan panjang. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Banyak diperkirakan akan berlangsung sampai Agustus mendatang. Ramainya kunjungan para turis membuat banyak wisatawan menginap di rumah penduduk serta memasang tenda akibat penginapan penuh.

Sementara itu tingginya kunjungan wisatawan untuk menikmati keindahan gugusan Kepulauan Banyak ternyata belum mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Aceh Singkil. Sebab Pemkab setempat tidak bisa mengutip retribusi mengingat Kepulauan Banyak masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam yang berada di bawah naungan BKSDA.

Karena itu banyak pihak mendesak Pemkab Aceh Singkil agar membuat regulasi sehingga Aceh Singkil yang memiliki daerah tujuan wisatawan tidak hanya menjadi penonton. Apalagi, mengingat kunjungan turis mancanegara dan lokal setiap tahun terus meningkat.

SUMBER: aceh.tribunnews.com/2017/07/02/turis-eropa-banjiri-kepulauan-banyak
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete