TRIBUNBARAT.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh yang baru yang sejenak lagi akan dilantik, diminta untuk menerapkan kebijakan kewajiban mengenakan busana adat Aceh, di seluruh jajaran birokrat di Aceh. Konsep itu kini telah direalisasikan pada beberapa pemerintah daerah di Indonesia.

Wacana itu dilontarkan oleh TA Lemhanas RI, Mayjen TNI A Hafil F SH MH, kemarin, menanggapi akan dilantiknya Pemerintah Aceh atau Gubernur/Wagub Aceh terpilih, Irwandi/Nova Iriansyah, Rabu 5 Juli 2017 mendatang. “Langkah ini dirasakan penting, sebagai upaya menghidupkan kembali budaya dan tradisi keacehan. Namun lebih dari itu adalah untuk mengembalikan gezah budaya leluhur,” ujar jenderal berbintang dua yang kini sering mengisi kuliah budaya tersebut.

Menurut Mayjen Hafil, penerapan wajib busana adat Aceh itu, bisa dilakukan satu hari dalam sepekan hari kerja, hingga menjadi daya tarik sendiri untuk wisata daerah. Namun lebih dari itu akan menjadi ajang apresiasi generasi saat ini terhadap budaya leluhur.

Konsep busana adat sehari dalam sepekan hari kerja itu, telah dilaksanakan oleh Pemprov DKI, serta beberapa daerah lainnya.

Kebijakan tersebut secara langsung akan menimbulkan efek positif secara berantai, mulai dari meningkatkan apresiasi terhadap budaya lokal, hingga terbentuknya mata rantai keekonomian yang tangguh di tataran akar rumput. “Yang sudah pasti, industri pakaian adat akan berkembang secara pesat, dengan munculnya pesanan atau order yang berkelanjutan,” katanya.

Selain itu, juga akan bertambahnya formasi tenaga kerja, terutama dari sektor industri lokal. Mulai dari garmen hingga sektor pendukung lainnya. “Saya pikir ini juga solusi yang menarik dan taktis untuk menanggulangi booming pengangguran serta menurunnya pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh di Aceh saat ini. Dan ini menjadi pilar pendukung tersendiri untuk hidupnya industri rumah tangga di Aceh,” tutur Mayjen Hafil yang juga putra Meukek, Aceh Selatan itu.

SUMBER: http://aceh.tribunnews.com/2017/07/01/pemerintah-aceh-diminta-terapkan-baju-adat
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini

Sakira Leony said...

Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(com) banyak kisah sukses bersama kami
Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A