TRIBUNBARAT.COM - Omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak dari bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Untuk memenuhi kenutuhan omega-3, kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang tepat. Artikel ini membahas 16 bahan makanan yang mengandung omega-3 beserta kadarnya dalam setiap takaran.

Di dalam makanan yang kita makan sehari-hari pasti terdapat zat-zat yang berpengaruh pada tubuh. Ada zat yang baik, ada pula zat buruk yang tidak baik untuk kesehatan. Adalah omega-3, sebuah nama dari zat asam lemak yang biasanya ditemukan pada makanan-makanan alami. Omega-3 sendiri memiliki banyak manfaat, diantaranya menjaga kemampuan otak untuk mengingat, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, baik untuk mata, mampu mengurangi resiko pembekuan darah, mengurangi nyeri pada wanita saat haid, memiliki sifat anti-inflamasi, baik untuk diet diabetes, serta meningkatkan penyerapan vitamin di dalam tubuh.

Seiring dengan banyaknya manfaat dari omega-3, tentu kita harus mempertimbangkan untuk memenuhi asupan nutrisi omega-3 ke dalam tubuh kita. Omega-3 bisa kita konsumsi dari pemilihan makanan yang banyak mengandung omega-3. Berikut daftar makanan yang banyak mengandung omega-3.
1. Ikan sardin

Ikan sardin atau yang biasa disebut juga dengan sarden ternyata memiliki kandungan omega-3 yang cukup besar, yaitu 1.34 gram per 4 onz. Kita bisa mengonsumsi ikan sardin sebagai menu utama dari makanan kita. Selain itu ikan ini bisa diolah dengan bumbu-bumbu tambahan yang akan menambah cita rasa.
2. Ikan Salmon

Memiliki kandungan omega-3 yang sedikit lebih baik dari pada ikan sardin, ikan salmon memiliki omega-3 sebanyak 1.45 gram per 4 onz. Banyak orang yang suka memakan salmon mentah, karena kandungan nutrisinya berarti tidak banyak hilang. Namun, jika kita tidak terbiasa dengan salmon mentah, kita bisa memasaknya dengan cara dibakar atau digoreng.
3. Ikan makerel

Ikan makerel atau makarel merupakan ikan yang memiliki kandungan omega-3 sebanyak 1.25 gram per 4 onz. Mungkin nama dari ikan ini belum begitu familiar, namun ternyata ikan ini sangat cocok dimasak dengan bumbu tradisional dan kecap.
4. Beef

Daging sapi memiliki serat yang baik untuk tubuh. Selain itu ternyata daging sapi juga memiliki kandungan omega-3 yang cukup banyak untuk kesehatan, yaitu 1.1 gram per 4 oz. Beef ini bisa diolah menjadi steak yang sangat enak, juga sebagai bahan tambahan dari soto, rawon, atau makanan tradisional lainnya.
5. Gandum

Gandum tidak hanya memiliki kadnungan karbohidrat. Selain baik juga untuk diet gula, gandum juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat banyak. Tiap 2 sendok makan gandum, terdapat 3.2 gram asam lemak omega-3. Gandum bisa dikonsumsi sebagai olahan tepung, kue, atau sereal.
6. Natto

Natto merupakan makanan khas Jepang yang dibuat dari kedelai fermentasi. Natto merupakan makanan sehat yang biasa dimakan juga dengan nasi. Kandungan omega-3 dari makanan ini setara dengan 0.52 gram per 4 onz.
7. Kacang Walnut

Kacang walnut memiliki bentuk yang unik menyerupai jantung manusia. Jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan omega-3 sebanyak 2.6 gram per satu perempat cup. Itulah sebabnya mengapa kacang walnut identik dengan kacang yang bisa membantu perkembangan otak.
8. Biji Chia

Biji chia, atau yang biasa dikenal juga sebagai chiaseeds merupakan bahan makanan yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Biji chia menyimpan omega-3 sebanyak 2.5 gram dalam tiap 2 sendok makan. Biji chia bisa dikonsumsi dengan cara mencampurnya ke dalam makanan lain. Biji chia tidak memiliki rasa yang menyengat kuat, sehingga tambahan biji chia ke dalam makanan sehari-hari tidak akan mempengaruhi rasa khas dari makanan tersebut.
9. Ikan Tuna

Ikan tuna cukup populer di masyarakat Indonesia. Tuna memiliki kandungan asam lemak omega-3 sebanyak 0.33 gram dalam tiap 4 onz. Walaupun tidak sebanyak salmon atau sarden, ikan tuna tetaplah ikan yang memiliki kandungan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.
10. Butter

Butter merupakan bahan makanan olahan dari lemak susu sapi. Berbeda dengan margarin yang merupakan olahan dari lemak nabati, butter memiliki kandungan omega-3 yang berasal dari susu sapi yaitu sekitar 0.25 gram dalam tiap 8 onz butter.
11. Minyak Ikan Kod

Minyak ikan kod merupakan hasil olahan dari ikan kod, atau biasa juga disebut cod liver oil. Minyak ikan kod ini mengandung banyak sekali omega-3. Dalam 1 sendok makannya, omega-3 yang terkandung adalah 2.6 gram. Tentu ini sangat baik dikonsumsi, terutama anak-anak pada masa pertumbuhan.

12. Ikan Herring

Ikan herring atau yang juga dikenal dengan nama haring merupakan jenis ikan-ikanan kecil khas Belanda. Ikan ini memang belum populer di masyarakat, namun keberadaannya patut diperhitungkan dalam menu makanan sehari-hari kita. Ikan ini memiliki kandungan 1.8 gram omega-3 dalam tiap 3 onz.

13. White Fish

Seperti namanya, ikan ini memang memiliki warna daging yang putih. Ikan ini hidup di dasar laut dan mengandung minyak yang biasanya juga diolah menjadi minyak ikan. Kandungan omega-3 dalam ikan ini juga banyak, yaitu sekitar 1.3 gram per 3 onz. Walau belum begitu populer, ikan ini cocok untuk dijadikan bahan makanan utama.
14. Biji Rami

Biji rami merupakan bahan makanan yang saat ini belum begitu banyak diketahui orang. Namun ternyata khasiat biji rami ini sangat banyak karena kandungan omega-3 dan omega-6 di dalamnya. Ada sekitar 1 gram omega-3 dalam setiap 1 sendok makan dari biji rami.
15. Ikan Teri

Ikan teri sudah banyak dikenal oleh masyarakat sejak dahulu kala. Ikan yang memiliki ukuran yang kecil-kecil ini memiliki kandungan omega-3 yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Ada sekitar 0.9 gram omega-3 dalam setiap 2 onz ikan teri.
16. Kuning Telur

Kuning telur memiliki kandungan omega-3 yang paling rendah jika dibandingkan bahan makanan lainnya, yaitu hanya sekitar 0.25 gram dalam setiap setengah cup. Namun, karena keberadaannya yang sangat mudah untuk ditemukan, tentu mengonsumsi kuning telur bukan menjadi suatu kesulitan.

SUMBER: https://www.vebma.com/list/16-makanan-yang-banyak-mengandung-omega-3/8713
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini