TRIBUNBARAT.COM - Tidak seperti dulu, kini memiliki ponsel adalah hal yang biasa. Siapa pun akan dengan mudah menemukan orang yang membawa alat komunikasi elektronik dalam setiap aktifitas hidupnya, termasuk saat sedang tidur. Padahal banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari terlalu sering beraktifitas dengan ponsel.

Saat ini ponsel telah menjadi barang yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, bisa dikatakan di zaman sekarang tak ada seorang pun yang tidak memiliki ponsel. Ponsel telah berubah dari barang mewah yang dulu hanya segelintir orang saja mampu memilikinya, menjadi barang yang dengan mudah dimiliki oleh siapapun. Bahkan anak-anak di usia sekolah pun sering terlihat menenteng barang ini kemana – mana.

Sebagai barang yang sangat penting bagi manusia ponsel telah banyak membantu mempermudah komunikasi dengan orang lain. Namun sayangnya banyak yang tidak mengetahui bahwa ternyata ponsel juga menyimpan bahaya tersendiri yang tidak disadari oleh pemiliknya. Bahkan disaat tidur sekalipun barang ini selalu saja ada di sekitar pemiliknya.

Padahal ponsel memiliki pancaran radiasi tingkat tinggi yang tidak terlihat oleh mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor. Apalagi bila ponsel tersebut ada di dekat kita saat sedang tidur.

Ada 17 penyakit berbahaya siap manusia yang terbiasa tidur di dekat ponselnya. Apa saja? Ayo terus ikuti pembahasannya di bawah ini.

1. Mengakibatkan tumor otak

Radiasi dari ponsel akan mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Pada umumnya tumor otak sering menyerang orang dewasa yang berada pada usia produktif, tetapi tidak sedikit juga pada kasus lain ditemukan tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, usahakanlah mulai saat ini untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai menaruhnya dekat dengan tempat dimana anda tidur.

2. Dapat menyebabkan kanker

Hampir mirip dengan tumor otak, radiasi ponsel juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh, sehingga membuat sel – sel tersebut menjadi liar dan tidak terkendali. Nah sel-sel yang tidak normal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin sering bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit, mulut dan telingga serta organ – organ lain yang dekat dengan kedua areal tersebut. Bahkan tidak jarang anggota tubuh lainnya seperti perut juga dapat terkena radiasi ponsel sehingga menyebabkan kanker, karena ketika tidur si pemilik tidak menyadari kerap meletakkan ponsel di bawah tubuh lalu menindihnya.

3. Meledak dan kebakaran

Kita sering  melihat media massa seperti televisi dan surat kabar yang pernah memberitakan tentang kasus ponsel yang meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang terlelap,  Sehingga berdampak melukai tubuhnya sendiri hingga kebakaran. Mungkin sudah ada tindakan dari perusahaan ponsel untuk meminimalisir hal itu terjadi lagi, tetapi tetap tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi. Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik ponsel mengisi ulang daya batrainya  dan kemudian tertidur di sisinya, ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya, maka ponsel akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

4. Menyebabkan sakit kepala

Radiasi yang dihasilkan dari ponsel memang tidak dapat dianggap remeh. Setelah diklaim mampu menimbulkan tumor dan kanker, dalam taraf yang lebih ringan, gelombang frekwensi radio (RF) yang timbul dari perangkat smartphone akan membuat kita merasa sakit kepala, dan pusing. Bergantung pada kondisi masing-masing orang, tidak jarang ada yang merasa mual dan ingin muntah.

5. Menyebabkan tidak bisa tidur dengan nyenyak


Ponsel adalah salah satu penyebab seseorang tidak dapat tidur dengan nyenyak. Ada saja yang membuat seseorang harus berinteraksi dengan handphonenya, misalnya herus menerima telpon atau menelpon seseorang, membalas pesan yang masuk, membaca berita di internet hingga menonton video. Ponsel juga dapat membuat pemiliknya selalu merasa tidak tenang, karena khawatir tidak dapat membalas atau mengangkat telpon dari seseorang yang dianggapnya penting.

6. Serangan jantung

Hati – hati Jangan pernah meremehkan maut, karena yang namanya manusia tidak pernah tahu kapan gilirannya akan datang. Maut bisa muncul dari hal yang diangga sepele, termasuk di antaranya tidur di samping ponsel. Karena pada beberapa kasus pernah ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika ketika mendengar ponselnya berdering di tengah malam, dapat dipastkan bila yang bersangkutan kaget mendengar suara ponselnya yang berdering sehingga mengalami serangan jantung.

7. Memperparah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang pada umumnya menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut. Penyakit ini memiliki gejala seperti menurunnya daya ingat, mengalami kesulitan melakukan tugas-tugas sederhana, karakter yang berubah, hilangnya minat pada sesuatu, dan masih banyak lagi. Semua kondisi tersebut akan bertambah semakin parah jika penderita Alzheimer berbaring di kasur yang diletakkan dengan ponsel. Radiasi yang ditimbulkan sudah pasti akan memberikan efek negatif pada otak. Lalu bagaimana dengan mereka yang belum terkena Alzheimer? Maka radiasi akan mempercepat proses seseorang yang tidur di dekat ponsel mengalami azheimmer.

8. Menyebabkan kelelahan

Bahaya satu ini masih ada hubungannya dengan kualitas tidur seseorang. Ketika seseorang mencoba untuk membuat tubuh berada dalam keadaan terlelap, pikirannya tetap sadar dan mencoba mengingat-ingat informasi apa yang ingin dia cari di smartphone. Akibatnya, otak tidak akan mendapat cukup waktu untuk beristirahat dan keesokan harinya dia akan tetap merasa lelah dan mengantuk, walaupun sudah melahap cukup banyak waktu untuk beristirahat.

9. Menghambat metabolisme tubuh

Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel ternyata juga sanggup mempengaruhi proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh manusia. Ketika seseorang sedang tidur, tubuh akan berusaha memaksimalkannya untuk melakukan proses metabolisme. Nah, proses tersebut akan menjadi terganggu dan menyebabkannya terhambat. Sehingga membuat tidur kita tidak terlalu nyenyak dan ditambah lagi, mendapat paparan radiasi dari ponsel. Selain itu percernaan makanan dan detoksifikasi rancun di dalam tubuh juga ikut terganggu. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli juga mengatakan bahwa radiasi ponsel bisa membuat kita merasa lelah dan gelisah.

10. Jari mengalami kelelahan

Meskipun mengoperasikan handphone terlihat sebagai kegiatan sederhana, ternyata memakainya  terlalu lama bisa membuat jari-jemari menjadi cepat lelah. Hal ini terutama terjadi ketika kita sedang berada di tempat tidur dan tengah menggunakan smartphone atau tablet dalam posisi berbaring dan gadget berada di atas kepala.

Selang waktu 10-20 menit, jari-jari kita akan merasa lelah dan kondisi ini bisa bertahan hingga keesokan harinya. Oleh karena itu sebaiknya ponsel tidak perlu disimpan di dekat tempat tidur agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya.

11. Pendengaran Terganggu

Radiasi elektromagnetik handphone dapat merusak jaringan halus yang berada di telinga bagian dalam. Dengan demikian, efek buruk dari ponsel lainnya adalah dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Sebuah studi baru yang dipublish Indian Journal of Otolaryngology dan Head & Neck Surgery 2014 menjelaskan bahwa penggunaan telepon seluler membuat kecenderungan seseorang kehilangan pendengaran di telinga yang paling sering digunakan mendengar ponsel. Jika Anda merasakan gejala seperti telinga panas, telinga tersumbat, dan telinga berdenging (tinnitus) karena penggunaan ponsel, maka Anda perlu untuk mencurigai ini sebagai tanda-tanda awal kelainan pendengaran.

12. Merusak pengelihatan

Maka kita adalah organ sensitif, yang sangat rentan terhadap efek dari gelombang radio frekwensi tinggi yang dipancarkan telepon seluler. Tak hanya radiasi, pancaran sinar biru violet dari layar ponsel juga memiliki potensi tinggi untuk risiko degenerasi makula yaitu penyebab utama kebutaan. Karena layar handphone berukuran kecil, maka akan memaksa mata Anda tegang atau juling saat membaca pesan. Apalagi bila dilakukan sambil berbaring.

Kecenderungan orang lebih mendekatkan mata dan tidak cukup berkedip akan membuat ketegangan pada mata. Sebuah studi yang dilakukan di Charotar Universitas Sains dan Teknologi 2010, para peneliti mempelajari dampak gelombang elektromagnetik pada mata manusia; hasilnya mereka menyimpulkan bahwa penggunaan ponsel dapat menyebabkan katarak dini, selain itu juga dapat mempengaruhi retina, kornea dan sistem okular mata yang lainnya.

13. Mempengaruhi Tingkat Kesehatan Reproduksi Pria


Radiasi dari daya gelombang elektromagnetik handphone juga berdampak negatif kepada kesehatan reproduksi terutama kaum pria. Hal ini dapat menyebabkan sperma rusak atau melambat, serta terjadi penurunan konsentrasinya. Sebuah studi yang dipublikasikan Fertility and Sterility 2008 mencatat bahwa aktifitas yang tinggi dalam  menggunakan ponsel secara langsung dan signifikan terkait dengan jumlah sperma yang rendah serta secara keseluruhan infertilitas pada pria. Radiasi handphone menurunkan kualitas semen dengan cara mengurangi jumlah sperma, baik motilitas, viabilitas dan morfologi normalnya.

14. Dapat meningkatkan Stres

Apabila Anda berkebiasaan sering memeriksa ponsel misalnya setiap beberapa menit, maka itu bisa jadi faktor besar yang meningkatnya tingkat stres Anda. Juga, suara dering yang sering dapat menyebabkan stres. Studi yang dipublikasikan oleh BMC Public Health 2011 mencatat bahwa penggunaan ponsel terkait langsung ke tingkat stres. Hal ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur dan gejala depresi. Penggunaan telepon seluler yang berlebihan bisa menjadi faktor risiko kesehatan mental pada orang dewasa

15. Berbahaya untuk janin

Dianjurkan untuk berhati-hati memakai ponsel apalagi sampai membawanya ke tempat tidur ketika Anda sedang hamil. Radiasi handphone dapat memengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi neuron otak pada janin. Selain itu, anak yang terlahir dari ibu hamil yang terekspos handphone sebelum melahirkan mungkin dapat mengalami gangguan perilaku seperti sulit bergaul, hiperaktif, dan menjadi anak yang tidak peka.

16. Obesitas

Kurangnya tidur juga menyebabkan terganggunya hormon lain yang mengendalikan rasa lapar. Semakin sering terjaga hingga larut malam maka hormon tersebut akan berupaya untuk selalu memberikan sinyal untuk menambah energi dengan cara rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan seringnya makan di jam yang sudah larut malam hingga menyebabkan resiko obesitas.

17. Insomia

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi tubuh untuk memberikan tidur yang nyenyak pada tubuh. Tetapi jika melatonin sudah terganggu tentunya akan menyebabkan anda menjadi kurang tidur. Bahaya bermain ponsel sebelum tidur ini tentunya dapat menyebabkan depresi jika terlalu sering kurang tidur. karena pada waktu malam, otak akan siap beristirahat dan memproduksi melatonin. Tetapi dengan adanya cahaya yang ditangkap mata, membuat otak menjadi bingung dan berhenti memproduksi melatonin.

Efek ini akan membuat anda susah tidur, insomnia, dan tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka dapat mengakibatkan masalah serius.

Nah ketika mengetahui banyaknya dampak negatif yang dihasilkan dari tidur di dekat ponsel, maka mulai saat ini putuskanlah, apakah Anda akan tetap tidur di dekat ponsel Anda dengan resiko mengalami salah satu atau beberapa dampak yang telah disebutkan di atas, atau apakah Anda akan mulai menjauhkannya, sehingga tidur Anda dapat kembali nyenyak dan berkualitas, semua terserah kepada anda.

Semoga bermanfaat!

SUMBER: https://www.vebma.com/list/anda-perlu-tahu-inilah-17-dampak-negatif-tidur-di-dekat-ponsel-yang-menyala/17428
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. Keberuntungan diawali dari kerja keras dan pantang semangat
    Minimal depo 10 ribu akan menjadi bongkahan HARTA !!
    Hadir disini untuk kalian yang membutuhkan kami
    Kunjungi www,pokerayam,co
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete