TRIBUNBARAT.COM - Sekolah-sekolah menengah di Turki akan berhenti mengajari para siswa dan siswinya materi pengajaran tentang teori Evolusi. Pemerintah Turki menilai teori yang dikembangkan oleh Charles Darwin itu kontroversial.

Ketua dewan pendidikan Turki, Alpaslan Durmus, mengatakan bahwa subjek tentang Teori Evolusi akan dihapus dari kurikulum pendidikan menengah Turki mulai tahun ajaran 2017-2018.

"Kami sadar bahwa jika para pelajar tidak memiliki dasar yang cukup untuk memahami premis dan hipotesis, atau jika mereka tidak memiliki pengetahuan dan kerangka berpikir yang cukup, maka mereka tak akan mampu memahami beberapa isu kontroversial. Karenanya kami menghapus isu-isu tersebut," kata Durmus seperti dilansir Reuters akhir pekan ini.

Dengan kebijakan itu maka sebuah bab dalam buku pelajaran Biologi di Turki yang berjudul "Awal Mula Kehidupan dan Evolusi" akan dihapus. Materi tentang evolusi dalam biologi baru akan diajarkan di Turki pada jenjang perguruan tinggi, untuk mahasiswa berusia 18 atau 19 tahun.

Durmus mengatakan bahwa kebijakan itu diambil sebagai upaya pemerintah untuk lebih menekankan pendidikan berwawasan nasional, serta untuk lebih memperkenalkan para ilmuwan Turki dan para pemikir Islam kepada anak-anak didik.

Sebelumnya pada awal tahun ini Deputi Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus, pernah mengatakan bahwa Teori Darwin, yang pertama kali diterbitkan pada abad 19, sudah usang dan tak perlu dipelajari.

Kebijakan ini langsung dikritik oleh sebagian pemerhati pendidikan di Turki. Kelompok lobi Egitim-Is dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa perubahan kurikulum ini cara Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Partai AK pimpinannya untuk menyusupkan agenda konservatif dalam sistem pendidikan Turki.

SUMBER: https://uzone.id/turki-hapus-pelajaran-tentang-teori-evolusi-di-sekolah-menengah#cxjp7UCJzjlbEizK.99
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete