TRIBUNBARAT.COM - Untuk anak kost seperti saya, pindahan kost adalah suatu hal yang lumrah dilakukan. Mungkin kita bisa segera menyesuaikan diri dengan kondisi kost yang baru karena kita manusia. Namun, bagaimana dengan kucing kita yang ikut kita bawa pindahan???

Hmm, tidak sedikit kucing yang susah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga membuat mereka stress bahkan hingga mengalami gangguan selera makan dan sakit-sakitan. Maka dari itu ketika saya menemukan artikel tentang bagaimana membuat kucing cepat beradaptasi dengan rumah baru dalam bahasa Inggris, saya segera tergerak untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah Tips membantu kucing agar cepat beradaptasi dengan rumah baru :

Untuk seekor kucing yang memiliki sifat pemalu, pindahan rumah adalah sesuatu yang cukup berat untuk diterima. Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengurangi beban mental yang mereka tengah rasakan, antara lain :

Saat tiba di rumah baru, biarkan kandang yang digunakan untuk membawa si kucing tergeletak di lantai dengan keadaan terbuka. Biarkan kucing keluar dari kandang dengan sendirinya. Jangan paksa dia untuk keluar. Biarkan dia mengenali bau dan suara yang baru. Jika itu anda lakukan, setidaknya anda akan membuat si kucing merasa sedikit lebih nyaman saat pertama kali berada di tempat baru.
Jangan terlalu sibuk menata barang-barang hasil pindahan anda. Ketika si kucing sudah keluar dengan sendirinya dari dalam kandang. Sebaiknya anda menyempatkan waktu juga untuk membelainya. Ini akan memberikan rasa nyaman pada si kucing, dan membuatnya tidak berpikir kalau dia ditinggalkan sendirian.

Kucing memiliki insting ingin tahu yang tinggi. Mungkin tidak begitu lama setelah dua hal di atas anda lakukan, si kucing akan segera mulai menjelajah seisi rumah. Waktu yang dibutuhkan hingga si kucing percaya diri seperti ini berbeda-beda tiap kucingnya. Tergantung dari sifat dasar si kucing. Kan ada tuh kucing yang pemalu, tetapi ada juga kucing yang hiperaktif. Yang perlu anda ketahui adalah, kemungkinan kucing betina akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan diri dibandingkan dengan kucing jantan.

Pastikan tempat makan, tempat minum, tempat tidur, kotak pasir, mainan, serta aksesoris si kucing lainnya yang dulu sering dipakai oleh si kucing di rumah lama, dibawa juga ke rumah baru. Akan lebih mudah untuk diterima si kucing jika ada barang-barang yang sudah mereka kenali di tempat yang baru. 

Anda juga perlu menyisihkan waktu anda untuk memastikan si kucing tahu di mana tempat dia makan, minum, atau buang kotoran. Jika anda tidak menyisihkan cukup waktu untuk mengenalkan tempat-tempat tersebut kepada si kucing, maka. kelaparan, dan buang kotoran sembarangan akan menjadi masalah yang lebih besar bagi pemilik sekaligus bagi kucingnya.

Ajak kucing anda jalan-jalan di luar rumah. Kenali responnya terhadap tempat baru itu. Anda bisa mengalungkan tali di leher si kucing agar si kucing tidak kabur karena ketakutan atau lari tunggang-langgang tanpa arah ketika mendengar suara-suara seperti motor, mobil atau yang lain yang baru didengar dan ditemuinya di tempat baru. Sebelum anda yakin benar si kucing sudah akrab dengan lingkungan barunya, sebaiknya jangan biarkan si kucing berada di luar rumah sendirian.

sumber: http://kucinggue.blogspot.co.id/2013/01/tips-membantu-kucing-agar-cepat.html
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini