TRIBUNBARAT.COM  - Mengganti warna cat merupakan cara mudah dan murah untuk menyegarkan interior rumah Anda. Akan tetapi, ternyata urusan yang satu ini tidak segampang yang Anda bayangkan. Jangan sampai Anda menyesal lantaran keliru memilih warna cat—yang membuat tampilan rumah Anda kurang menarik.

Ada lima kesalahan umum yang kerap terjadi saat memilih cat. Ada baiknya Anda memerhatikan hal ini agar tampilan rumah Anda makin menawan:

Mengabaikan Pencahayaan


Ingin tampil “aman” dengan memilih warna-warna terang, atau mencoba “berani” dengan warna-warna kuat tak selamanya keliru. Namun untuk memainkan pilihan warna ini, Anda perlu memerhatikan pencahayaan di rumah.

Jika interior rumah Anda memiliki pencahayaan yang kurang, warna-warna yang terlampau berani justru akan membuat ruangan muram dan mata menjadi lelah.

Tapi perlu pula diingat, untuk ruangan yang kurang pencahayaan, apalagi berukuran kecil, warna putih bukanlah pilihan yang tepat. Sebab, di ruangan seperti ini warna putih justru akan terlihat kusam.

Mengabaikan Lantai dan Plafon

Acap kali warna ataupun corak lantai terabaikan saat memilih warna cat dinding. Padahal, lantai memiliki pengaruh yang kuat terhadap keindahan ruang secara keseluruhan.

Jika lantai Anda berupa lantai kayu, misalnya, Anda dapat memilih warna yang sama sekali lain dari warna-warna kayu. Bisa saja kontras, namun tetap selaras.

Selain lantai, langit-langit (plafon) juga tak jarang luput dari perhitungan. Padahal langit-langit layaknya “dinding kelima” bagi sebuah ruang persegi empat.

Untuk mengoptimalkan langit-langit rumah Anda, ada baiknya hindari memberikan warna putih yang seputih-putihnya. Warna-warna krem justru lebih baik agar langit-langit dapat membantu menjaga mood Anda.

Terlalu Mencocokkan Warna
Orang kerap berpikir bahwa cocok dan serasi berarti sama. Jika Anda berpikiran serupa dan memilih warna cat yang terlalu mirip dengan warna furnitur, pintu, atau jendela, maka Anda mengulang kesalahan orang kebanyakan.

Pilihan semacam ini akan mengaburkan desain furnitur Anda dan membuat ruangan jadi hambar. Sebaliknya, pilihlah warna cat yang lebih terang atau lebih gelap supaya furnitur Anda dapat menampilkan pesonanya.

Terlalu Banyak Warna di Tiap Ruangan

Memberikan warna yang sama sekali berbeda dari ruangan ke ruangan akan merusak kepaduan dan keselarasan rumah Anda. Jika Anda sudah memilih warna tertentu untuk kamar tidur, ruang keluarga, atau ruang tamu, maka gunakan warna serupa untuk semua ruangan yang lain. Dengan begitu, Anda akan tetap dapat merasakan koneksi antarruang di dalam rumah Anda.

Jika Anda memutuskan untuk memilih beberapa warna yang berbeda, seyogianya warna-warna tersebut tetap saling berkaitan. Misalnya, dengan memainkan gradasi antara putih dan krem.

Fanatik dengan Warna Favorit


Memiliki warna favorit tertentu memang wajar. Namun jika Anda bersikeras untuk menggunakan warna yang itu-itu juga setiap meremajakan tampilan rumah Anda, yang terjadi adalah suasana yang membosankan.

Tak ada salahnya terbuka dan mencoba mengeksplorasi warna baru. Toh ruangan rumah Anda bisa juga berevolusi seiring waktu. Namun begitu, tak berarti memendam preferensi pribadi dan sekadar mengikuti tren juga baik.

Yang perlu diingat, selera pribadi ataupun tren yang sedang berkembang paling baik dijadikan inspirasi untuk memilih warna yang dapat menyegarkan rumah Anda.

SUMBER: http://www.rumah.com/berita-properti/2016/3/118760/5-kesalahan-memilih-warna-cat-dinding
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete