TRIBUNBARAT.COM - Tahukah anda bahwa dalam seminggu ada satu hari yang konon katanya dikeramatkan? Itu adalah hari Kamis malam, atau yang lebih sering disebut sebagai ‘Malam Jumat’.

Awal mula pemberian predikat keramat pada malam Jumat adalah karena dulunya banyak orang ‘Kejawen’ yang mempercayai hari itu sebagai hari dimana para roh halus seperti setan dan jin akan keluar dan bergentayangan. Hal itu yang kemudian membentuk prespektif masyarakat dalam menanggapi malam Jumat, mulai dari lahirnya mitos seputar alam ghaib sampai adanya larangan tertentu yang tak boleh dilakukan saat malam Jumat.

Lalu apa saja mitos dan fakta yang sebeneranya ada di balik malam Jum’at? Berikut ulasannya:

Mitos Malam Jumat


Di Indonesia sendiri banyak mitos yang beredar bahwa malam Jumat sangat berhubungan dengan hal-hal ghaib, bahkan kekuatan ghaib tersebut dipercaya akan semakin besar apabila hari Jum’at bertepatan dengan weton ‘Kliwon’ (Penanggalan jawa). Jika anda penasaran dengan mitos apa saja yang telah ada, berikut ini akan dibagikan 2 mitos yang paling terkenal terkait datangnya malam Jumat:

1. Malam Jumat = Malam Keramat

Sebagian orang mempercayai bahwa malam Jumat memiliki kekuatan daya magis yang sangat kuat, hal ini sebenarnya didasari oleh tradisi masyarakat jawa kuno yang kerap berpuasa selama 40 hari dan puncak puasanya bertepatan dengan malam Jumat Kliwon. Pada hari-hari itu juga biasanya akan disiapkan beberapa sesajen, kemudian disebarkan di berbagai tempat yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya para mahluk ghaib.

Selain tradisi lokal masyarakat jawa kuno tersebut adapula kisah yang menyebutkan bahwa kepercayaan dari budaya luar juga mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap malam Jumat.

Hal ini bermula pada zaman datangnya penjajah Belanda ke Indonesia, saat itu mereka yang merupakan orang-orang bangsa eropa hadir dengan membawa kepercayaan mistis berupa ‘Friday the 13th’ yang diartikan bahwa setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 adalah hari yang membawa sial.

Jadi, yang membuat malam Jumat identik dengan malam keramat adalah kepercayaan yang berasal dari tradisi lokal masyarakat jawa kuno dan kepercayaan yang dianut oleh bangsa eropa. Oleh karena itu mitos yang ada seputar keramatnya malam Jumat terus berkembang hingga saat ini.

2. Tempat-tempat angker di malam Jumat

Pernahkah anda merasa merinding saat sedang melewati tempat-tempat tertentu? Sebenarnya perasaan tersebut bisa saja hanya sebuah ilusi yang disebabkan oleh sugesti diri atas kepercayaan bahwa ada tempat-tempat tertentu yang mistis dan angker.

Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan tradisi orang jawa kuno yang sering menaruh sesaji di tempat yang dianggap angker saat malam Jumat tiba, kemudian banyak orang yang mengartikan bahwa sesaji tersebut dipersembahkan untuk roh dan setan penunggu tempat-tempat angker itu.

Terlebih di Indonesia sendiri banyak terdapat kisah-kisah mistis yang berkaitan dengan malam Jumat dan tempat ‘Angker’. Seperti salah satunya kisah pantai Parangtritis, pesisir selatan, Jogjakarta.

Dahulu kala dikisahkan bahwa pantai Parangtritis merupakan tempat tinggal Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa laut selatan pulau Jawa. Oleh karena itu masyarakat sekitar pantai selatan selalu rutin melakukan ritual upacara keselamatan setiap malam Jumat dengan membawa sesajen yang kemudian disebarkan di laut dengan tujuan menghormati Nyi Roro Kidul agar wilayah pantai selatan terbebas dari bencana. Selain kisah tentang Nyi Roro Kidul tersebut, ada lagi sebuah kisah yang juga sangat dipercaya kebenarannya oleh masyarakat, yaitu kisah taman wisata Guci.

Kisah yang berawal di Tegal, Jawa Timur ini bermula saat zaman Walisongo menyiarkan agama islam. Saat itu di terdapat sebuah tempat berupa taman yang mengalirkan sumber air berupa air hangat untuk kepentingan minum orang-orang yang diutus oleh Walisongo untuk menyiarkan agama Islam.

Namun karena jumlah air pada taman tersebut mengalir dengan sangat terbatas maka pada malam Jumat Kliwon seorang sunan memutuskan untuk menancapkan tongkatnya ke dalam tanah disekitar tempat keluarnya air. Saat itulah tiba-tiba secara ajaib air yang mulanya keluar sedikit langsung berubah menjadi amat banyak. Sejak kejadian itu taman tersebut dikenal sebagai taman Guci karena diibaratkan sebagai guci yang menampung dan mengalirkan air secara terus menerus.

Atas dasar kisah tersebut jadilah taman wisata Guci dijadikan tempat keramat oleh masyarakat sekita yang hingga kini kerap dijadikan tempat sesembahan dan pemberian sesaji.

Kedua kisah tersebut lantas tidak hanya dikenal oleh masyarakat wilayah pantai selatan atau Tegal saja, namun tersebar ke seluruh Indonesia sehingga semakin banyak orang-orang mempercayai bahwa ditempat-tempat tertentu selalu ada roh yang bersemayam. Atas dasar kepercayaan tersebut, sampai saat ini kita jadi tersugesti sehingga merasa ketakutan terhadap tempat-tempat yang dianggap angker.

Fakta Malam Jumat

Jika sebelumnya sudah dibahas seputar mitos saat malam Jumat maka selanjutnya adalah fakta yang sebenarnya terkait malam Jumat. Dalam syariat Islam, malam Jumat adalah malam yang sangat dimuliakan dan identik dengan harinya umat Islam, hal ini sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW yang mengagungkan hari Jumat dan memuliakannya, serta mengistimewakan setiap ibadah pada hari tersebut.

Malam Jumat semakin menjadi malam yang mulia karena Allah SWT telah mensyariatkan berbagai macam ibadah dan apabila dilaksanakan saat malam Jumat maka akan membawa faedah dan pahala yang besar lagi bermanfaat. Berikut akan dibagikan amalan-amalan yang dapat anda lakukan saat malam Jumat:

1. Memperbanyak Bacaan Sholawat
Setiap amalan yang dilakukan saat malam Jumat akan dilipat gandakan pahalanya, maka Allah SWT telah menysariatkan untuk memperbanyak Sholawat karena dengan begitu akan semakin besar kemungkinan kita dalam mendapatkan ‘Syafaat’ saat hari kiamat tiba.

2. Memperbanyak Bacaan Al-Qur’an

Membaca Al-qur’an adalah sebuah keutamaan yang harus dilaksanakan dalam setiap harinya, namun apabila kita membacanya pada malam Jumat maka akan mendapatkan pahala dan manfaat yang berlimpah sesuai dengan yang sudah disyariatkan.

Dalam membaca ayat-ayat Al-qur’an juga tidak harus terpaku dengan surat-surat panjang, akan tetapi anda dapat membaca surat pendek yaitu surat Al-kahfi. Hal ini dikarenakan surat apabila Al-kahfi dibaca saat malam Jumat maka akan memiliki sebuah keistimewaan yaitu dapat menjadi penolong pada hari kiamat nanti, tepatnya saat berada di Padang Mahsyar.

Ayat-ayat Al-kahfi yang kita lantunkan di dunia akan berubah menjadi sebuah sinar bercahaya terang yang akan membayangi kaki kita saat berada di Padang Mahsyar, kemudian cahaya itu akan menjadi tameng penghalang panasnya kobaran api neraka.

3. Menyegerakan Pergi ke Masjid

Seperti yang sudah diketahui bahwa Sholat Jumat merupakan sebuah kewajiban bagi para laki-laki. Dalam melaksanakan sholat Jumat bukan hanya perihal sholat sebanyak 2 raka’at namun disyariatkan untuk segera pergi menuju Masjid sebelum khotib menaiki mimbar yang mana artinya kita harus berada di Masjid sebelum adzan dikumandangkan.

Hal ini dapat kita lakukan untuk menyempurnakan sholat Jumat dan memuliakan hari Jumat yang diistimewakan ini.

Demikianlah yang dapat dibagikan perihal mitos dan fakta seputar sholat Jumat. Mitos-mitos yang ada tidak seharusnya membuat kita menyekutukan tuhan karena pada faktanya hari Jumat ataupun malam Jumat adalah saat-saat yang dimuliakan oleh Allah SWT dengan segala kuasanya.

sumber: http://www.anehnyadunia.com/2016/10/misteri-seputar-malam-jumat.html
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini