TRIBUNBARAT.COM - Sebutan Aceh sebagai serambi mekkah sangat akrab ditelinga, mungkin ada yang pernah berpikir atau mencoba mencari alasan kenapa sebutan itu begitu tenar dan mendarahdaging di aceh, Menurut catatan Nuruddin Ar-Raniry dalam kitabnya Bustanussalatin, sebutan Seuramoe Mekkah (Serambi Mekkah) telah ada sebelum pemerintahan Ratu Safiatuddin. Bila selama ini anda memiliki pertanyaan seperti itu simak beberapa alasan berikut sebagai tambahan referensi anda untuk menyakini aceh sebagai serambi mekkah.

1. Sabang sebagai karantina Haji pertama di Nusantara

Banyak yang lupa bahkan tidak peduli atau tidak pernah tau bila aceh tepatnya di Pulau Rubiah Sabang dulunya menjadi pusat karantina haji pertama di nusantara, para jamaah haji yang akan melaksanakan rukun Islam ke 5 akan dikarantina terlebih dahulu di sabang sebelum dan sesudah ke tanah suci Mekkah. Sampai sekarang sisa-sisa bangunan masa lalu yang pernah menjadi bagian perjalanan haji para orang-orang terdahulu dengan menggunakan kapal laut masih tetap berdiri sebagai peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan.



2. Letak geografi Aceh, wilayah Indonesia yang memiliki jarak terdekat dengan Mekkah

Secara geografis aceh menjadi bagian negara Indonesia yang memiliki jarak terdekat dibandingkan daerah lain dengan tanah suci mekkah. Saat transportasi laut menjadi satu-satunya solusi untuk melaksanakan haji, Aceh menjadi jalur utama menuju Mekkah.



3. Hampir seluruh kerajaan pantai Aceh menjadi titik-titik Islam yang berpengaruh ke daerah-daerah Melayu di Asia Tenggara.

Aceh menyebarkan Islam dengan dakwah dan karya-karya besar para ulama dan cendekiawan Aceh tempatan maupun dari Arab, Persia, dan India. Disamping itu Aceh memiliki institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional seperti Jami’ah Baiturrahman sebagai pusat studi Islam yang setara dengan Universitas di Persia dan Turki sehingga banyak pendatang yang kehausan ilmu Agama belajar ke Aceh (sekitar abad ke 16).

SUMBER: http://acehplanet.com/cab-sikureung-stempel-pemerintah-kerajaan-aceh/
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete