TRIBUNBARAT.COM -
Berdasarkan tes urine dadakan di terminal bus, delapan sopir angkutan umum Lebaran 2017, baik bus berbadan lebar maupun minibus L300, positif mengonsumsi narkoba. Lima di antaranya terungkap di Idi Rayeuk, Aceh Timur, sedangkan tiga lagi di Bireuen pada Kamis (22/6) dini hari. Alhasil, mereka tak diperbolehkan melanjutkan perjalanan untuk mengangkut penumpang dan harus diproses secara hukum.

Di Aceh Timur, kelima sopir itu terjaring razia tim gabungan yang mengarahkan setiap bus dan minibus angkutan umum untuk masuk ke Terminal Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Polres dan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Aceh Timur melakukan tes urine bagi puluhan sopir dari arah Medan ke Banda Aceh atau sebaliknya di kawasan Terminal Idi Rayeuk, Rabu (21/6) pukul 00.00 hingga Kamis (22/6) pukul 04.30 WIB.

Para sopir diarahkan masuk ke kompleks terminal, kemudian diminta untuk buang air seni dan ditampung dalam wadah yang disediakan. Mereka diharuskan menunggu.

Dari hasil pemeriksaan dadakan tersebut dipastikan ada sopir yang positif mengonsumsi sabu-sabu, ada pula yang mengonsumsi ganja, yakni Ris (42) sopir L300, AR (31) sopir L300, dan DP sopir bus. Sedangkan, yang mengonsumsi sabu-sabu adalah Rus (38) sopir L300 dan ES (49) sopir L300. Dari data itu terlihat bahwa sopir L300-lah yang paling dominan menggunakan narkoba.

Razia gabungan di Jalan Medan-Banda Aceh itu dipimpin Kabag Ops Polres Aceh Timur, Kompol Rusman Sinaga yang melibatkan Dokkes dan Personel Polres Aceh Timur, Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Kota Langsa, serta petugas Dishub Aceh Timur.

“Razia ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan korban jiwa selama Operasi Ramadniya Tahun 2017. Soalnya, kecelakaan lalu lintas selain disebabkan oleh kendaraan, sarana, dan rambu-rambu, juga disebabkan oleh human error. Jadi, hal itulah yang kita cegah,” ungkap Kabag Ops Polres Aceh Timur, Kompol Rusman Sinaga kepada Serambi, Kamis (22/6).

Setelah kelima sopir itu dinyatakan positif narkoba, kata Kompol Rusman, mereka tidak diperbolehkan lagi mengemudikan kendaraannya dan digantikan oleh sopir cadangan.

“Selanjutnya mereka akan ditangani oleh BNNK Kota Langsa untuk diproses,” jelas Kompol Rusman.Sementara itu dari Bireuen dilaporkan, tiga sopir L-300 dipastikan positif narkoba, sedangkan sopir bus berbadan lebar yang menjalani tes urine semuanya negatif.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Bireuen, Mulyadi SE MSi kepada Serambi mengatakan, ada 62 sopir minibus L300 maupun bus umum yang diperiksa urinenya pada Rabu (21/6) malam hingga Kamis dini hari. Mereka diperiksa di terminal, setelah digiring masuk oleh petugas ke kompleks terminal. Dari hasil tes urine secara dadakan itu ternyata tiga sopir L300 positif mengonsumsi narkoba.

Mereka adalah AAU (35) warga Brandan Medan, Sumatera Utara, sopir L300 trayek Medan-Banda Aceh; MA (32), warga Kuta Baro, Aceh Besar, sopir L300 trayek Medan-Banda Aceh dan Man (32) warga Kembang Tanjong, Pidie, sopir L300 trayek Kembang Tanjong-Takengon, Aceh Tengah.

Ketiganya langsung diproses BNNK Bireuen dan tidak dibenarkan lagi mengemudi sebelum proses hukumnya selesai. Para penumpang mereka dinaikkan ke angkutan umum lainnya. Sedangkan kendaraannya diamankan ke Pos Lantas Polres Bireuen dan nanti akan dijemput oleh pemiliknya atau pengurus angkutan.

“Ketiga sopir itu hingga Kamis siang masih menjalani pemeriksaan di BNNK yang ikut didampingi tim dari Polres Bireuen,” ungkap Mulyadi MSi.

Diperoleh informasi, tim dari Dinas Perhubungan Bireuen bersama Polres dan BNNK setempat melakukan tes urine bagi puluhan sopir dari arah Medan ke Banda Aceh atau sebaliknya di Terminal Bireuen, sejak Rabu (21/6) malam. Tes yang melibatkan puluhan personel itu dimulai sekitar pukul 22.00 WIB hingga Kamis dini hari.

Menurut Mulyadi, Dishub Bireuen bersama tim gabungan dari BNNK dan Polres Bireuen akan terus memantau mobilitas para sopir. Bisa saja pada waktu tertentu dilakukan tes urine bagi para pengemudi angkutan umum itu untuk memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas selama mudik Lebaran.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/06/23/8-sopir-positif-narkoba?page=2
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini