Tribunbarat.com - Lebaran di Indonesia identik dengan berbagai makanan lezat yang mengundang selera. Biasanya opor ayam, gulai, ketupat, dan kue-kue kering seperti putri salju dan kastengel turut dinikmati saat berkumpul bersama keluarga.

Di negara lain pun, perayaan lebaran belum lengkap tanpa hidangan istimewa. Berikut aneka makanan khas lebaran dari beberapa negara yang mempunyai banyak penduduk muslim,

1. Mesir
Sesuai tradisi, kue yang selalu disajikan ketika lebaran di Mesir adalah Kahk. Orang Mesir biasa memakannya sebagai sarapan.

Kahk merupakan kue manis berisi kacang-kacangan seperti walnut, agameya (sejenis madu) yang dilapisi gula halus di luarnya. Selain kacang, isi Kahk juga bisa diganti dengan kurma.

2. Turki
Hari lebaran tak akan lengkap tanpa Baklava, hidangan manis yang wajib dan populer di Turki. Mengutip dari dailysabah.com pada Jumat (1/07/2016), baklava terbuat dari lapisan tepung pastry berisi krim dan kacang, lalu disajikan bersama madu atau sirup.

Seorang mahasiswi asal Turki, Tugba Yoldas juga menjelaskan lebaran di Turki disebut dengan “Seker bayrami” yang artinya festival makanan manis. “Itu karena kami menyajikan banyak makanan manis dari berbagai daerah di Turki, termasuk baklava, turkish delight, permen, dan coklat,” kata Tugba, Sabtu (23/06/2017)

3. Somalia
Usai solat Ied, keluarga muslim di Somalia menyiapkan roti khusus bernama Cambaabur. Tekstur cambaabur mirip seperti crepe dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai. 

Mengutip dari aljazeera.com pada Selasa (5/07/16), Cambaabur yang terbuat dari tepung bisa ditaburi gula dan disajikan dengan yoghurt.

4. Afghanistan

Orang-orang di Afghanistan menyiapkan roti tipis (flatbread) yang disebut Bolani untuk merayakan Idul Fitri. Roti ini diisi dengan bayam, labu, kentang, atau lentil hijau.

Makanan ini bergizi dan juga cocok untuk diet karena mengandung nutrisi yang lengkap. Tak hanya karbohidrat, Bolani juga mengandung protein, fiber, dan vitamin.

5. India

Negara dengan 180 juta penduduk muslim ini menyediakan semangkuk Seviyan ki Kheer sebagai makanan wajib saat Idul Fitri. Seviyan berbentuk panjang mirip spaghetti. Makanan ini terbuat dari susu, gula, dan dibumbui dengan carmamom-sejenis kayu manis.

Sebagai hiasan akhir, Seviyan bisa disajikan dengan irisan kacang almond.

SUMBER: http://aceh.tribunnews.com/2017/06/24/hidangan-istimewa-saat-lebaran-dari-negara-lain
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini