TRIBUNBARAT.COM - Selain memiliki alam yang indah, Indonesia juga memiliki kekayaan budaya yang melimpah sebagai hasil kreasi dari berbagai suku yang berdiam di nusantara ini. Masing-masing suku tersebut memiliki keunikan dan adat istiadat tersendiri yang berfungsi sebagai pelindung tradisi serta melestarikan kekayaan alam di tempat mereka tinggal.

Bahkan di antara suku-suku tersebut terkenal akan praktik perdukunan atau ilmu-ilmu mistik yang dipakai untuk melindungi wilayah mereka dari orang asing maupun untuk melawan musuh dalam peperangan. Nah, berikut ini ada 6 suku dengan ilmu mistik paling kuat di Indonesia yang disegani di seluruh nusantara.

1.     Suku Dayak Kalimantan

Suku dengan ilmu mistik paling kuat di Indonesia yang pertama adalah suku Dayak. Suku Dayak yang mendiami tanah Borneo, Kalimantan ini terkenal akan tradisi mistik serta senjata-senjata perang yang dimilikinya.

Suku Dayak memiliki senajta perang yang terkenal memiliki kekuatan magis seperti mandau, lunju, sipet dan penyang.

Bukan hanya senjata perangnya saja yang ampuh, ilmu mistis yang dimiliki suku ini juga terkenal kuat. Suku Dayak terkenal memiliki ilmu mistis untuk menarik jodoh seperti minyak buluh perindu, ilmu kekebalan tubuh yang digunakan ketika berperang, bahkan ilmu mandau terbang untuk mencari lawan.

2.     Suku Batak Sumatera Utara

Suku Batak yang mendiami Sumatera Utara ini terkenal akan karakternya yang keras, sangat memperhatikan pendidikan anak laki-laki mereka karena dianggap sebagai penerus nama besar marganya. Selain itu, suku Batak juga terkenal akan budaya merantau serta ilmu mistiknya yang kuat.

Salah satu legenda ilmu mistik yang dimiliki oleh suku ini adalah “Begu Panjang”. Begu Panjang yang memiliki arti setan yang berukuran sangat panjang ini biasanya dipelihara oleh orang-orang tertentu yang disebut Par Begu Panjang. Seorang Par Begu Panjang biasanya ditakuti dan dibenci oleh masyarakat sekitar karena dianggap memelihara setan pencabut nyawa.

Konon, Par Begu Panjang memerintahkan setan Begu Panjang untuk menampakkan dirinya di depan orang yang tidak disukainya. Siapapun yang melihat setan ini kemudian akan meninggal dunia beberapa hari atau beberapa saat setelah melihat penampakan setan Begu Panjang.

Di samping kisah setan Begu Panjang yang sangat terkenal ini, kekuatan mistik suku Batak sudah diakui oleh dunia bahkan mengalahkan suku Voodoo. Hal itu terbukti ketika salah satu keturunan suku Batak yakni Prof. Sorimangaraja Sitanggang dinobatkan sebagai Ketua Paranormal Sedunia di Jerman pada tahun 2006 yang lalu.

3.     Suku Baduy Banten

Di wilayah Lebak, Banten juga terdapat suku yang terkenal akan ilmu mistiknya yang kuat yakni suku Baduy. Suku Baduy yang sering disebut juga sebagai Urang Kanekes ini merupakan masyarakat adat sub etnis Sunda yang masih menjaga kelestarian tradisi serta menjalankan larangan adat untuk menjaga masyarakatnya dari pengaruh dunia luar.

Suku Baduy terkenal sebagai suku yang tertutup bagi pendatang warga negara asing namun masih mau menerima tamu warga Indonesia dan terkenal ramah sepanjang para pendatang tersebut masih  menghormati tradisi mereka.

Selain itu, suku Baduy juga sering disebut terbelakang secara pengetahuan dan buta huruf karena para orang tua di masyarakat Baduy enggan menyekolahkan anak-anak dan cucu mereka untuk memperoleh pendidikan formal layaknya masyarakat umum lainnya.

Meskipun tidak memiliki taraf pendidikan seperti masyarakat lainnya, suku Baduy memiliki pengetahuan mistis yang kuat seperti tradisi peragaan debus, pengetahuan meramal masa depan, ilmu guna-guna, kekebalan terhadap senjata serta memiliki kekuatan fisik di atas rata-rata orang biasa.

Karena kehebatannya itulah, tidak ada orang yang berani macam-macam terhadap tanah dan masyarakat suku Baduy malah banyak orang yang berguru ilmu kepada mereka.

4.     Suku Asmat Papua

Suku yang terkenal karena memiliki ilmu mistik yang kuat adalah suku Asmat yang mendiami tanah Papua. Suku Asmat dikenal sangat menghormati hutan rimba beserta segala makhluk di dalamnya.

Setiap kegiatan yang mereka lakukan seperti menebang pohon sagu, berburu atau mencari ikan mereka kerjakan dengan melakukan perhitungan-perhitungan terlebih dahulu.

Mereka juga mempercayai bahwa asal mula suku Asmat berasal dari dunia gaib tempat dimana matahari tenggelam serta mempercayai mereka tinggal dengan tiga jenis roh yakni roh baik, roh jahat dan roh jahat yang bisa mati.

Tidak hanya itu saja, suku yang terkenal akan kemampuannya menerawang barang yang hilang serta mengundang hujan, angin dan halilintar ini memiliki kepercayaan bahwa arwah orang mati yang belum masuk ke surga bisa mengganggu manusia.

Oleh sebab itu, mereka mengadakan pesta ulat sagu, pesta topeng, pesta perahu dan pesta patung bis untuk melindungi sanak keluarga yang masih hidup dari peperangan, bencana dan penyakit serta menghantarkan arwah leluhur ke alam surga.

5.     Suku Kajang Amma Toa Sulawesi

Di pedalaman Sulawesi juga berdiam suku yang terkenal akan ilmu mistiknya yang kuat. Suku yang bernama suku Kajang Amma Toa ini dikenal sebagai suku yang memiliki ilmu gaib seperti ilmu kebal senjata tajam, guna-guna, santet dan pelet bahkan memiliki kemampuan melunakkan tengkorak manusia hanya dalam sekejab mata.

Meski mayoritas warganya sudah memeluk agama Islam, kehidupan masyarakat suku Kajang Amma Toa tidak bisa dilepaskan dari praktik animisme dan hal-hal yang berbau mistis. Dengan kemampuan gaib dan tingkat pengetahuan mistiknya yang tinggi, wajar jika suku Kajang Amma Toa menjadi salah satu suku yang paling disegani di nusantara.

6.     Suku Gayo Aceh Tengah

Selain suku Batak, pulau Sumatera juga memiliki suku dengan ilmu mistik yang kuat yakni suku Gayo yang mendiami kota Takengon, Aceh Tengah. Jika dirunut dari silsilah nenek moyangnya, suku Gayo memiliki kedekatan dengan suku Batak sehingga sering disebut sebagai pecahan suku Batak atau “Batak 27”.

Tidak seperti suku Batak yang mementingkan marga, suku Gayo tidak terlalu memperdulikan penggunaan marga, hanya keluarga yang menganut fanatik suku saja yang masih menggunakannya.

Tidak hanya itu saja, suku Gayo juga menganggap anak perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan yang sama rata, tidak seperti suku Batak yang lebih mengutamakan anak laki-laki.

Sama seperti suku Kajang Amma Toa, masyarakat suku Gayo juga mayoritas sudah memeluk agama Islam bahkan di antara mereka ada yang fanatik terhadap agama Islam. Meskipun begitu, praktik ilmu mistik dan perdukunan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Penggunaan kekuatan mistik maupun perdukunan oleh masyarakat suku Gayo, biasanya dipicu oleh faktor kecemburuan sosial. Tidak heran jika salah satu anggota masyarakat yang memiliki mobil baru, membangun rumah baru atau membeli tanah baru, maka salah satu anggota keluarga tersebut ada yang sakit.

Demikian ulasan mengenai 6 suku dengan ilmu mistik paling kuat di Indonesia. Keberadaan suku-suku ini merupakan penjaga agar budaya serta kekayaan alam Indonesia bisa terus lestari.  

sumber: http://www.anehnyadunia.com/2016/10/6-suku-dengan-ilmu-mistik-paling-kuat-di-indonesia.html
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini