TRIBUNBARAT.COM - Hingga H+4 Idul Fitri 1438 Hijriah, Rabu (28/6), jumlah wisatawan ke Sabang melalui Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh membludak. Kondisi itu tidak sebanding dengan jumlah kapal yang ada untuk melayani penumpang dari Pelabuhan Ulee Lheue-Balohan atau sebaliknya.

Dibutuhkan sedikitnya dua kapal seperti KMP BRR untuk mengangkut ribuan wisatawan beserta kendaraannya untuk menyeberang ke Pulau Weh. Mengatasi lonjakan penumpang tersebut, kapal cepat dan kapal lambat langsung menambah jadwal pelayaran dari biasanya dua trep menjadi empat trep.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Rusmansyah kepada Serambi kemarin mengatakan, ada dua kapal yang tersedia untuk melayani penumpang. KMP Simeulue menampung 200 penumpang, 15 mobil, dan 100 sepeda motor. Sedangkan KMP Papuyu hanya mampu mengangkut 125 penumpang, 5 mobil, dan 25 roda dua. “Seharusnya ada dua kapal sekelas KMP BRR yang bisa dioperasikan, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” ujar Rusmansyah.

Ia memprediksi antrean kendaraan di pelabuhan akan berlangsung hingga Jumat mendatang. Karena KMP BRR dan Tanjung Burang yang menjadi andalan selama ini belum bisa dioperasikan akibat masih dalam perbaikan. Kendala pihaknya saat ini pengangkutan kendaraan roda empat dari Ulee Lheue ke Balohan. Sebab penumpang masih bisa terangkut dengan kapal cepat yang berlayar hingga tujuh trip setiap hari pascalebaran. “Kami hanya bisa mengangkut 40 mobil dengan KMP yang berlayar empat kali sehari. Sedangkan setiap hari ada 300-an mobil yang masuk,” jelas Rusmansyah.

Dengan kondisi tersebut, kata Rusmansyah, ratusan penumpang beserta kendaraannya harus bermalam di halaman pelabuhan sejak hari kedua Lebaran. Hanya 70 mobil yang bisa ditampung di dalam hanggar, sedangkan sekitar 500-an mobil diparkir di halaman.

Amatan Serambi kemarin sore, banyak wisatawan yang masih mengantre di ruang tunggu pelabuhan. Bahkan ada yang membentang lapak di beberapa koridor dan rerumputan agar tidak ketinggalan kapal. Begitu juga dengan antrean mobil dan sepeda motor yang hampir memenuhi halaman Pelabuhan Ulee Lheue.

Sedangkan Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Abdurrani mengatakan, dalam tiga hari terakhir ini aktivitas di Pelabuhan Balohan sangat sibuk. Ini terjadi disebabkan jumlah pengunjung yang datang ke Sabang dan yang menyeberang ke Ulee Lheu pada liburan Lebaran tahun ini sangat tinggi dibandingkan dengan hari hari biasanya.

Jumlah wisatawan yang datang ke Sabang, rata rata 3.000 an orang per hari. Sementara penumpang yang menyebarang ke Ulee Lheu, Banda Aceh mencapai 2.000 orang. Peningkatan itu sudah terjadi sejak Senin (26/6) lalu, dan diperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sabang akan terus bertambah hingga Sabtu (1/7) mendatang.

Meski jumlah pengunjung yang datang ke Sabang dan yang kembali ke Ulee Lheu sangat tinggi, namun sejauh ini belum ada penumpang yang terlantar atau tertinggal. Hanya saja belasan mobil yang masih atrean di pelabuhan menunggu giliran pemberangkatan. “Meski KMP BRR dan KMP Tanjung Burang tidak beroperasi karena masih dalam perbaikan, namun minat wisatawan untuk berkunjung ke Sabang tetap tinggi,” katanya

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/06/29/ulee-lheue-balohan-kekurangan-kapal
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini

Sakira Leony said...

Maaf Ganggu, sesama umat manusia harus saling membantu
disini ingin memberikan solusi untuk cara mendapatkan
pundi pundi uang untuk menutupi kebutuhan, ini memang NYATA !!!
Silahkan bergabung dengan keberuntungan yang melimpah
di P-O-K-E-R-A-Y-A-M.co dan dapatkan jackpot ratusan juta
Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu akan menjadi Rumah Mewah
* Menyediakan juga via bank :
- BCA
- BNI
- MANDIRI
- BRI
- DANAMON
- CIMB
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

Sakira Leony said...

kunjungi info kemenangan dan keberuntungan di pokerayam.co
banyak sekali member menjadi kaya dengan cepat
hanya mengeluarkan 10 ribu dapat hadiah hingga jutaan rupiah
tunggu apalagi kawankuu, segera bergabung !!!
Bisa juga hubungi , info :
BBM : D8E5205A