TRIBUNBARAT.COM, Jakarta - Tidak lama lagi para karyawan, terutama yang beragama Islam, akan menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR). Dalam PerMenNaKer No 6 Tahun 2016 disebutkan bahwa THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Secara prakteknya ada Perusahaan yang membagikan THR nya 2 minggu, bahkan sebulan, sebelum Hari Raya.

Mendadak kita punya dana kurang lebih dua kali lipat dibanding biasanya. Mendadak pula banyak tawaran diskon besar-besaran di mana-mana.

Tiba-tiba keinginan membeli barang-barang yang kita mau (bukan yang kita perlu) melonjak. Hal ini dikenal dengan istilah impulsive buying. Keadaan ini membuat THR hilang entah ke mana.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghabiskan THR dengan pintar.

Inflasi di bulan Ramadan
Tingkat inflasi di bulan Ramadan biasanya lebih tinggi dibanding dengan tingkat inflasi rata-rata. Hal ini disebabkan oleh hukum supply-demand, di mana demand di bulan puasa umumnya meningkat. Terutama untuk barang-barang kebutuhan pokok.

Contoh di tahun 2015, inflasi di bulan Juli sebesar 0,93% sedangkan inflasi tahunan tahun 2015 adalah 3,35%. Di tahun 2016, inflasi bulan Juni 0,66% dan bulan Juli 0,69% sedangkan inflasi tahun 2016 sebesar 3,02%. (source: Badan Pusat Statistik)

Guna menghadapi inflasi sesaat yang tinggi ini kita sisihkan sebagian uang THR untuk menambah uang belanja.

Kewajiban Agama
Sisihkan dan bayarkan kewajiban zakat sesuai dengan ajaran agama.

Utang Konsumtif
Dengan adanya dana besar tiba-tiba ini ada baiknya digunakan untuk mengurangi atau bahkan melunasi utang konsumtif kita. Salah satu utang konsumtif yang seringkali mengganggu adalah Kartu Kredit.

Kalau biasanya kita hanya membayar sebesar minimal payment, maka saat inilah kesempatan kita untuk melunasinya. Ingat bunga kartu kredit yang cukup besar.

Mudik Lebaran
Hitung dengan baik anggaran kebutuhan untuk mudik saat Lebaran. Siasati dengan cermat sesuai dengan dana yang tersedia setelah digunakan untuk 2 keperluan di atas. Tidak perlu membuka utang konsumtif baru untuk bisa mudik, bukan?

Kelebihan Dana THR
Setelah digunakan untuk menghadapi inflasi, melunasi utang konsumtif, dan mudik Lebaran, ternyata dana THR masih ada lebih. Lalu diapakan kelebihan dananya?

Pertama, cek dana darurat. Sudah mencukupi kah? Isi lagi kalau belum mencukupi. Kalau Dana Darurat sudah mencukupi, kelebihan dana bisa ditambahkan ke Dana Pensiun untuk meringankan investasi bulanan.

Alternatif lain? Belanjakan!!! Ini saatnya mengapresiasi hasil kerja setahun kita.

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan dan menerima serta menghabiskan THR tahun ini.
 
sumber:  https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3529827/cara-pintar-habiskan-thr
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete