TRIBUNBARAT.COM –
Penanaman pohon zaitun sangat banyak sekali di budidayakan mengingat dari tanaman ini sangat menguntungkan sekali untuk kita gunakan. Manfaat yang jika kita olah menjadi beberapa keuntungan yang sangat banyak jika kita memeliharanya dengan baik dan benar.

Penanaman zaitun ada dua cara dan harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Zaitun bisa ditanam dengan menanam langsung di lahan khsusus dan lahan perkebunan langsung. Kedua cara ini bisa anda lakukan dengan kebutuhan anda misalnya jika lahan anda sempit anda bisa menggunakan cara bertanam zaitun di polybag, dan begitu sebaluknya jika anda memiliki lahan maka penanaman bisa langsung di lahan. Kedua cara ini memiliki keunggulan dan kekuranganya masing-masing.

Tanaman zaitun tergolong mahal, bibit tanaman ini jika anda membelinya di pasaran maka diatas rata-rata tanaman yang bisa kita tanam. untuk harga bibit Rp.200,000 – Rp.250,000 per pohon. Saya sarankan anda membeli langsung ke penangkar atau pembudidaya dan penyedia bibit langsung, namun jika memang tidak ada anda bisa memesan secara online.

Sudah kebayang kan untuk bibitnya saja sudah mahal apalagi dengan menjual hasil panen yang kita akan dapatkan nantinya. Agar tidak menyita waktu dan bertele-tele langsung saja kita bahas gimana cara budidaya zaitun.
1. Siapkan Media Tanam

Untuk awal penanaman anda harus menyiapkan media tanam yang nantinya dibuat tempat tumbuh zaitun. Media tanam anda harus menyiapkan pupuk organik untuk tahap awal, bisa menggunakan arang sekam, tanag, dan pupuk kandang. Campurkan hingga rata ke 3 bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1.. Pembuatan media yang subur memungkinkan peluang hidup tanaman bagus.
2. Persiapan bibit

Jika anda ingin membeli bibit zaitun maka pilihlah bibit yang memang sudah teruji kualitasnya, cara mudah yang bisa anda lakukan dengan melihat varietas yang memang berproduksinya tinggi. Untuk syarat tumbuh dari bibit zaitun harus diperhatikan karena bibit ini baru tumbuh dan membutuhkan perawatan yang sangat baik untuk kelangsungannya.

Tanaman yang memang harus kita gunakan sebagai bibit memang harus dikatakan pasti dan berproduktivitas tinggi. Berikut ini adalah uraian untuk penaman awal. Jika anda sudah punya gambaran yang akan ditanam dengan cara penanaman zaitun di pot atau polybag atau juga menggunakan lahan pekerangan rumah atau lahan khusus yang memang digunakan untuk tanaman zaitun.
3. Penanaman zaitun

Penanaman dengan cara tersebut memiliki sedikit perbedaan, jika anda membuat dengan lahan caranya gali dan buat lubang tanam kemudian tanah yang di keluarkan ganti dengan media tanam yang sudah kita buat. Jika anda budidaya zaitun di pot atau polybag maka media bisa langsung dimasukan kedalam pot atau polybag.
4. Pemeliharaan zaitun

Untuk perawatan tanaman zaitun ini tidak ribet, anda cukup menyiramnya 1 kali sehari, pagi atau sore hari. Kontrol untuk hama dan penyakit, walaupun tanaman zaitun tahan terhadap serangan hama dan penyakit namun anda harus mengontrolnya. Tanaman ini sangat kuat sekali pada cuaca panas sekalipun dan mudah mempertahankan hidupnya walau kondisi sekitar berubah-ubah.

Jika tanaman sudah berumur 30 hari anda harus meningkatkan perawatannya, perawatan selanjutnya dengan memberikan pupuk susulan, pemberian pupuk berguna mengganti unsur hara dalam tanah dan menambahnya. Biasanya untuk pemupukan anda cukup memberikan pupuk NPK satu genggam. Untuk selanjutnya tanaman akan tumbuh dewasa maka anda tidak perlu memberikan pupuk 1 bulan sekali karena tanaman ini bisa mencari makanan sendiri. Berikan pupuk 3-6 bulan sekali.

sumber: http://www.agrotani.com/cara-budidaya-zaitun/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini

Nina Tun said...

PROMO FREECHIP KETUPAT LEBARAN 2017

Dalam Memperingati Idul Fitri 1438 Hijriah,Kami Selaku POKERAYAM Agen Poker Terbesar Se-Indonesia mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Untuk merayakan Hari Kemenangan ini kami selaku agen POKERAYAM akan mengadakan promo menarik dihari kemenangan demi keberuntungan member kami yang setia, Berikut Promo Ketupat Lebaran 2017 yang akan kami berikan :

1. Promo Freechip ketupat lebaran berlaku tgl 26 - 27 juni 2017
2. Bonus Freechip lebaran 50.000 untuk 100 userid.
3. Promo berlaku untuk member lama dan baru.
4. Untuk mendapatkan freechip minimum pernah melakukan deposit minimal Rp.50.000
5. Syarat melakukan Withdraw minimum melakukan Turn Over 1x bonus freechip yang diberikan.
6.Untuk informasi lebih lanjut hubungi customer service kami.

Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari anda semua, Semoga anda semua diberikan keberuntungan yang melimpah dan sukses selalu.
Dapatkan Freechip Ketupat Lebaran dan Rayakan Hari Kemenangan Bersama Kami.
POKERAYAM Mengucapkan Minal Aidin Walfa Izin Mohon Maaf Lahir Dan Batin.
Blogspot : pokerayampromolebaran.blogspot.com
LiveChat : https://goo.gl/5tD6ZL
BBM : D8E5205A