TRIBUNBARAT.COM - Mengetahui bahwa orang yang selama ini kita cintai ternyata tidak memiliki perasaan yang sama adalah hal terburuk dalam kehidupan asmara, kondisi yang tak satupun menginginkannya.

Sejatinya, cinta adalah kala sepasang orang memiliki perasaan yang sama, memiliki keterikatan emosional yang bisa dirasakan bersama-sama.

Sangat penting untuk mengetahui seperti apa cinta tak terbalas itu, sehingga kamu bisa terhindar dari situasi “tergantung” karena terus menunggu kepastian darinya. Meskipun cinta yang bertepuk sebelah tangan itu sangat mudah dikenali, namun ego dan kepercayaan diri membuat seseorang menafikan fakta tersebut, membuatnya terus mengejar-ngejar orang yang sebenarnya tidak cinta dengannya.

Nah, berikut ini beberapa tanda jika ia memang tidak cinta denganmu:
 
1. Malas Bertemu

Seseorang yang sedang dilanda asmara akan selalu mencari kesempatan agar bisa bertemu dan bertatap muka. Namun jika ia terkesan menghindar, sekalipun kalian dipertemukan di saat-saat yang tak terduga, maka bisa dipastikan bahwa ia memang tidak memiliki perasaan denganmu.

Sakit hati putu cinta

Perhatikan reaksinya saat kalian bertatap muka. Biasanya, perasaan tidak suka itu ia gambarkan dengan memalingkan atau membuang muka. Sekalipun ia adalah orang yang mampu menyembunyikan dan menjaga perasaan orang lain, tetap saja hal ini terkesan tidak alami.
 
2. Malas Berkomunikasi

Mungkin kamu sering mengajaknya berkomunikasi lewat chat, namun responnya sangat lambat. Apalagi saat kamu menelponnya, ia jarang sekali mengangkatnya. Sekalipun ia membalas chat-mu, namun pesannya selalu singkat dan terkesan seperlunya saja. Ini merupakan pertanda jelas bahwa kamu ada dalam kondisi cinta tak terbalas.

Mencoba untuk menelponnya tidak akan membaut segalanya menjadi lebih baik, karena ia memang sudah kehilangan minat. Mendengar ia berbicara seadanya saja di telepon dan mencari-cari alasan untuk segera mengakhiri pembicaraan denganmu hanya akan membuatmu semakin terluka.
 
3. Ada Orang Ketiga

Alasan utama mengapa ia tak kunjung membalas cintamu adalah karena adanya orang ketiga, sosok yang ternyata lebih ia sukai. Kamu bisa melihat hal ini di media sosialnya, di mana ada saja orang yang selalu asik untuk diajaknya berkomunikasi. Begitu juga dalam kesehariannya, di mana ia sering menghabiskan waktu dengan seseorang.

Orang ke-3

Terlepas dari besarnya pengorbanan yang sudah kamu lakukan terhadapnya, tetap saja kehadiran orang ketiga itulah yang membuatnya tidak berminat denganmu. Pasalnya, apa yang ia inginkan selama ini ternyata sudah bisa dipenuhi oleh orang lain, jadi ia tidak membutuhkan kehadiranmu lagi. Segala hal yang kamu tawarkan kepadanya bisa ia dapatkan pada orang ketiga tersebut, bahkan mungkin terasa lebih.

Jika kamu sudah merasa terjerembap dalam situasi menyakitkan seperti ini, maka kamu harus belajar untuk move on. Terus menerus menaruh perasaan kepadanya hanya akan membuat emosi kamu tak terkontrol, membuatmu terus merasa tersakiti. Ini bukan kesalahan kamu, dan tak ada yang bisa dilakukan selain dengan move on.

Nah, berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk menyembuhkan cinta yang tak kunjung mendapatkan balasannya:
1. Memberi Ruang

Saat ini, biarkan kamu merasakan duka. Untuk bisa melepaskan orang yang kamu cintai, maka belajarlah untuk merasakan duka akan rasa sakit itu. Lagipula, tidak ada yang salah dengan berduka, selama kamu tidak terjebak di sana. Rasa sedih yang kamu keluarkan lewat tangisan lebih sehat dibanding dengan menyembunyikan dan menekan emosi.

Jika bisa, sempatkanlah untuk keluar dari kesehariamu. Hal seperti ini sangat efektif untuk menciptakan ruang penyembuhan bagi hatimu. Kamu bisa mencoba untuk menyendiri di suatu tempat atau sekedar berjalan kaki di sekitar rumah.
 
2. Hindari Putus Asa

Saat cinta kamu tak mendapatkan balasan, kamu tidak boleh berkubang dalam keputusasaan. Cinta tak terbalas bukanlah alasan bagi kamu untuk tidak meninggalkan rumah, tidak makan, tidak mandi, dan tidak segala-galanya. Kamu sudah terlalu berlebihan!

tidak pernah putus asa

Memang wajar untuk merasakan kesedihan dalam situasi seperti ini, namun jika kamu tidak kembali kepada fokus kehidupan, maka kamu akan terus memikirkan dan mencintai orang yang sama sekali tak pernah memikirkanmu. Terdengar bodoh bukan?
 
3. Hindari Orang Tersebut

Bagian lain dari upaya kamu untuk move on dari orang yang tak mencintaimu adalah dengan tidak menjadikannya bagian dari hidupmu. Bukan berarti bahwa kamu harus menghapusnya dari kehidupanmu, namun cukup mengambil waktu untuk menghindar darinya.

Jika ternyata ia adalah orang yang intens kamu hadapi dan memiliki pengaruh besar dalam interaksi sosialmu, maka cobalah untuk mencari sosok pengganti dalam mengisi peran tersebut. Menghapus ia dari pertemanan di jejaring sosial atau menghapus kontaknya adalah pilihan yang bijak jika kamu memang benar-benar merasa tersakiti.

Kamu tentu tidak ingin terus teringat sosoknya beserta segala yang dilakukannya bukan?
 
4. Membuat Dafar Kekurangan

Mulai sekarang, buatlah daftar kekurangan darinya. Setiap orang tentu memiliki sifat-sifat buruk, termasuk orang yang sudah menolak cintamu itu. Apakah selera musiknya mengerikan? Selera humornya yang standar? Atau ia memiliki banyak mantan?

Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan hal buruk darinya, maka ajaklah teman yang kamu percayai untuk melakukannya bersama-sama. Ketika kamu bisa melakukan hal ini, maka kamu akan mulai sadar bahwa hidup kamu masih bisa dijalani tanpanya, bahkan bisa lebih baik lagi.
 
5. Jangan Menyalahkan

Masuk ke dalam situasi cinta tak terbalas tak mengharuskan kamu untuk menyalahkannya. Seperti saat kamu tidak bisa mengontrol diri untuk jatuh cinta padanya, ia juga tidak memiliki kontrol terhadap perasaannya yang memang sama sekali tidak jatuh cinta denganmu. Jika kamu menyalahkannya karena tidak membalas cintamu, atau menganggap ia jahat karena tidak mencintaimu kembali, maka kamu sudah menempatkan dirimu dalam posisi yang menyedihkan.

Terlebih lagi, jangan menumpahkan rasa benci tersebut di media sosial. Jangan mengklaim bahwa orang tersebut memiliki selera yang buruk dalam memilih pasangan dan menganggap diri kamu ada di atasnya. Melakukan hal seperti ini hanya menjadi penegasan bahwa kamu memang tidak bisa mengontrol urusan asmara, membuatnya merasa sudah benar tidak mengambil keputusan untuk membalas cintamu.

6. Hindari Pemicu Memori

Adalah hal yang sulit untuk menyembuhkan diri dari penolakan cinta jika kamu terus saja mengingat orang itu. Hidnari segala hal yang bisa memicu memori kamu akan dirinya. Mulai musik, film, dan berbagai waktu-waktu indah yang pernah kamu lalui bersamanya. Jangan pula menjadi puitis dengan menjadikan hujan sebagai asosiasi dari rasa rindumu kepadanya.

Jika tanpa terduga kamu bertemu dengan pemicu memori tersebut, maka cobalah untuk mengakui momen tersebut dan segera move on. Kamu tidak harus menghindari pemicu tersebut untuk selamanya, karena apa yang kamu butuhkan hanyalah membuat penyembuhan diri semudah mungkin, dan terus mengingat pemicu memori itu hanya menyulitkan proses move on kamu.

Saat kamu benar-benar bisa move on, maka kemunculan dari pemicu memori itu mungkin masih bisa mengingatkanmu kepadanya, namun tidak sampai menyaktikan.

***

Tak peduli seberapa baik dan hebatnya orang yang kamu sayangi, namun cinta yang terbaik itu adalah cinta yang bisa mendapatkan balasan. Cinta tak terbalas tak layak untuk kamu sesali, apalagi dikenang, karena kamu masih memiliki masa depan

SUMBER: https://www.laksani.com/menyikapi-cinta-tak-terbalas-sebelah-tangan/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini