TRIBUNBARAT.COM - Sayuran berserat seperti brokoli, kubis Brussel, kacang-kacangan, kacang polong, oat dan quinoa, maupun buah-buahan, dapat membantu Anda meringankan nyeri yang terjadi di lutut, terutama osteoarthritis lutut, kata penasihat nutrisi bagi pria Alan Aragon, M.S.

Osteoarthritis lutut atau radang sendi dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti kelebihan berat badan, aktivitas fisik yang berlebihan seperti olahraga, pekerjaan berat, terjadi kelemahan pada otot paha, penambahan usia (di atas 45 tahun bagi wanita), maupun komplikasi dari patah tulang yang terjadi di sekitar sendi.

Saran tersebut sejalan dengan hasil studi yang dirilis dalam jurnal Annals of the Rheumatic Diseases, bahwa orang dengan asupan yang kaya serat, cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami osteoarthritis lutut.

Penelitian mendapati bahwa serat dapat membantu melindungi lutut Anda dengan beberapa cara, seperti mengurangi kadar protein peradangan yang disebut CRP serta meningkatkan rasa kenyang yang mencegah Anda dari makan berlebih.

Kedua hal tersebut dianggap penting, karena ada hubungan yang kuat antara osteoarthritis lutut dan obesitas, karena berat badan berlebih dapat menambahkan beban pada persendian Anda, di samping lemak ekstra juga dapat meningkatkan peradangan yang terkait dengan rasa sakit.

Ilustrasi(Thinkstockphotos)
Untuk mendapatkan kesimpulan itu, peneliti menganalisis data dari dua penelitian terpisah yaitu studi Osteoarthritis Initiative (OI) yang melibatkan hampir 5.000 peserta, serta studi Framingham Offspring yang melibatkan sekitar 1.200 peserta. Mereka menemukan bahwa semakin banyak serat yang dikonsumsi oleh peserta, maka semakin sedikit nyeri lutut yang dilaporkan, dan semakin kecil kemungkinannya untuk didiagnosis dengan osteoarthritis lutut.

Peserta yang mengonsumsi 20 gram serat setiap hari memiliki kemungkinan 30 persen lebih kecil untuk mengalami gejala osteoarthritis lutut dan 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami rasa sakit yang buruk di sekitar lutut.

Dan bagi peserta yang mengonsumsi serat hampir 26 gram per hari, 61 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gejala osteoarthritis lutut dibandingkan mereka yang konsumsi serat kurang dari 14 gram serat per hari.

Rata-rata pria kini mengonsumsi 19 gram serat per hari, masih setengah dari jumlah yang disarankan untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan sendi lutut. Sehingga, bila Anda kerap mengalami nyeri lutut, saatnya mendapatkan lebih banyak serat, lanjut Aragon.

Semakin banyak serat yang Anda makan, risiko nyeri lutut dapat semakin menurun, bahkan jika Anda tidak mengonsumsi jumlah maksimal yang disarankan dalam penelitian ini.

Setidaknya, konsumsi 20-25 gram serat per hari dapat membantu mengurangi risiko nyeri lutut. Untuk mencapai 20-25 gram serat, Anda bisa mengonsumsi 5-6 porsi buah dan sayur, mengonsumsi lebih banyak serat sereal, maupun minuman yang mengandung serat

SUMBER: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/31/093000820/sering.nyeri.lutut.coba.perbanyak.konsumsi.serat
Bagikan:

1 comments so far,Add yours

  1. PROMO FREECHIP KETUPAT LEBARAN 2017

    Dalam Memperingati Idul Fitri 1438 Hijriah,Kami Selaku POKERAYAM Agen Poker Terbesar Se-Indonesia mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Untuk merayakan Hari Kemenangan ini kami selaku agen POKERAYAM akan mengadakan promo menarik dihari kemenangan demi keberuntungan member kami yang setia, Berikut Promo Ketupat Lebaran 2017 yang akan kami berikan :

    1. Promo Freechip ketupat lebaran berlaku tgl 26 - 27 juni 2017
    2. Bonus Freechip lebaran 50.000 untuk 100 userid.
    3. Promo berlaku untuk member lama dan baru.
    4. Untuk mendapatkan freechip minimum pernah melakukan deposit minimal Rp.50.000
    5. Syarat melakukan Withdraw minimum melakukan Turn Over 1x bonus freechip yang diberikan.
    6.Untuk informasi lebih lanjut hubungi customer service kami.

    Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari anda semua, Semoga anda semua diberikan keberuntungan yang melimpah dan sukses selalu.
    Dapatkan Freechip Ketupat Lebaran dan Rayakan Hari Kemenangan Bersama Kami.
    POKERAYAM Mengucapkan Minal Aidin Walfa Izin Mohon Maaf Lahir Dan Batin.
    Blogspot : pokerayampromolebaran.blogspot.com
    LiveChat : https://goo.gl/5tD6ZL
    BBM : D8E5205A



    ReplyDelete