TRIBUNBARAT.COM - BANDA ACEH - Setelah sukses melaunching Paket Wisata Pesona Ramadhan 1438 Hijriah yang menawarkan nuansa keindahan dan keunikan Ramadhan di Aceh bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, kini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mempromosikan paket wisata unik lainnya: Pesona Lebaran di Serambi Mekkah.

Paket Wisata Pesona Lebaran di Serambi Mekah dirancang khusus melalui pelibatan pelaku industri pariwisata Aceh, khususnya tour operator dengan memanfaatkan momentum liburan Hari Raya sebagai liburan keluarga dengan suguhan berbagai daya tarik wisata, khususnya destinasi wisata budaya dan kuliner.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi kepada Serambi mengatakan, dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan Aceh kepada wisatawan, setiap moment unik dan khusus, seperti suasana Ramadhan dan Lebaran di Aceh tentu menjadi prioritas untuk tetap dipromosikan dengan mempersiapkan paket-paket wisata menarik yang bersifat tematis, seperti pesona Ramadhan dan Lebaran di Serambi Mekkah.

“Lebaran di Aceh tentu sangat berbeda dengan daerah-daerah lainnya, karena keunikannya dan sarat dengan berbagai aktivitas spiritual sebagai sebuah tradisi menarik, sehingga menjadi ajang bahagia untuk membawa keluarga melancong ke berbagai destinasi wisata menarik selama di Aceh, seperti malam takbiran, tot beude (meledakkan meriam bambu yang saling bersahutan antarkampung), shalat Idul Fitri bersama keluarga, bersilahturahmi, berziarah, menikmati sajian kuliner khas Lebaran, dan mengunjungi objek-objek wisata menarik dan bersejarah lainnya,” ungkap Reza Fahlevi.

Khusus objek-objek wisata menarik lainnya, Reza Fahlevi menyebutkan ada 10 top destinasi yang wajib dikunjungi selama Lebaran di Aceh yaitu Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Museum Tsunami Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, Danau Laut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo, dan Kompleks Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara.

“Untuk mempromosikan Paket Wisata Lebaran di Aceh secara lebih luas, selain pelaku industri pariwisata, komunitas media sosial juga dilibatkan dengan menggunakan hastag #MudikWisataKemana #BerlebaranKeAceh #WonderfulIdulFitri #CahayaAceh,” tambah Reza.

Menurut Reza, beberapa tour operator di Aceh melayani kunjungan wisatawan dari Malaysia untuk berlebaran di Aceh. “Beberapa rombongan tur, khususnya dari Kuala Lumpur dan Seulangor akan berwisata dan berlebaran Idul Fitri di Aceh,” kata Reza mengutip informasi Pimpinan Great Wall Tour, Mahlizar.

Motif utama kunjungan mereka di Aceh, selain merasakan nuansa Lebaran di Aceh, juga berkeinginan untuk melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturahman dengan penampilan 12 payung raksasanya, sekaligus ingin mencicipi makanan khas Lebaran di Aceh sambil bersilaturahmi dengan masyarakat Aceh

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/06/23/aceh-tawarkan-10-top-destinasi-wisata-lebaran
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini