TRIBUNBARAT.COM, BLANGKEJEREN - Pengusaha wanita asal Medan, Sumatera Utara (Sumut) memborong lelang kendaraan roda empat dan dua, serta peralatan mesin di halaman Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD), Blangkejeren, Jumat (12/6). Mobil yang hampir seluruhnya dalam kondisi rusak parah akan diboyong ke Medan untuk diperbaiki sebelum dijual kembali kepada masyarakat.

Dalam lelang yang dilaksanakan kemarin, sebanyak 16 unit roda empat dan dua dilelang secara terbuka kepada masyarakat, terutama peserta. Puluhan peserta lelang lokal bersama luar daerah saling berupaya menaikkan harga tawar dari limit yang ditetapkan panitia dan pejabat lelang.

Peminat tertinggi pada kendaraan dinas, tetapi seusai melihat kondisi mobil, sebagian besar mundur, karena mobil sudah rusak. Dari 16 unit roda empat yang dieksekusi, peminat paling tinggi pada Toyota Kijang kapsul dan Toyota Kijang innova.

Tetapi, pemenang lelang untuk mobil diraih Erlina, pengusaha mobil bekas asal Medan dengan memborong enam unit mobil. Sedangkan mobil lainnya, sebagian besar, juga peserta lelang dari luar Gayo Lues, yakni daerah lainnya di Aceh atau luar Aceh.

“Saya mengikuti lelang untuk seluruh kendaraan roda empat, tetapi hanya enam unit yang berhasil saya menangkan,” katanya. Dia menjelaskan mobil tersebut akan dibawa langsung ke Medan diperbaiki sebelum dijual kembali.

Dia menjelaskan dirinya tidak mengikuti lelang kendaraan roda dua dan peralatan mesin yang juga dilelang pada hari yang sama, kemarin. Pengusaha wanita itu mengaku telah mengikuti lelang kendaraan di bebarapa daerah di Aceh maupun Sumatera Utara.

Erlina mengungkapkan dirinya bukan hanya mengikuti lelang kendaraan, akan tetapi juga lelang rumah dan tanah di beberapa daerah lainnya. Sedangkan sejumlah peserta lelang lainnya mengatakan sebagian besar kondisi mobil dinas yang dilelang rusak parah, sehingga minat peserta ikut rendah.

Dikatakan, seusai melihat dan memeriksa kondisi mobil sebelum dilelang, kemarin, sebagian peserta langsung mundur, karena akan menghabiskan dana besar untuk memperbaiki mobil, jika menang. Sementara, dalam lelang 16 mobil, harga Toyota Kijang Innova ditawar Rp 54 juta, tetapi menjadi Rp 61,5 juta. Bahkan, satu unit mobil Ford Escape yang dibuka dengan harga Rp 37 juta, langsung dimenangkan Erlina, karena tidak peserta lain yang memberi penawaran.

Dilansir sebelumnya, Pemkab Gayo Lues (Galus) kembali melelang kendaraan dinas, mulai dari Toyota Kijang Innova sampai sepeda motor Viar, serta berbagai mesin dan lainnya. Proses penawaran dari masyarakat umum sudah dibuka dengan pengumuman pemenang lelang dilaksanakan pada Jumat (12/5) mendatang.

Dari 20 kendaraan dinas milik Pemkab Galus yang dilelang, 18 di antaranya jenis roda empat dan dua unit lainnya roda dua, serta beberapa mesin. Tetapi, tidak ada laporan tentang kondisi kendaraan, sehingga peminat dapat langsung melihat di lokasi pelelangan, sekaligus memberi penawaran harga kepada panitia lelang.

Kabid Aset pada DPKD, Muhaimini didampingi panitia lelang lainnya kepada Serambi, Kamis (4/5) mengatakan pelelangan ini terbuka untuk umum. Dirincikan, dari 18 unit roda empat, 7 unit Daihatsu Taruna, 8 unit Kijang Kapsul dan masing-masing 1 unit Toyota Kijang Innova, Ford Escape dan Nissan Terrano, selain dua unit sepmor Viar YX.(c40)

proses lelang
* Panitia buka harga penawaran
* Peserta beri tawaran lebih tinggi
* Penawar tertinggi jadi pemenang
* Innova Rp 54 juta jadi Rp 61,5 juta
* Ford Escape tetap Rp 37 juta
* Enam mobil diborong pengusaha Medan
* Lainnya peserta lokal dan luar Galus

SUMBER: http://aceh.tribunnews.com/2017/05/13/pengusaha-borong-lelang-kendaraan
Bagikan:
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini